Sukses

Ndingkikan, Kampung KB Pertama Tahun Ini

Kampung KB ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakatnya.

Liputan6.com, Bantul - Pemerintah Kabupaten Bantul, Yogyakarta secara resmi menjadikan Dusun Ndingkikan, Argodadi, Sedayu, sebagai Kampung KB (Keluarga Berencana). Peresmian Dusun Ndingkikan sebagai Kampung KB. Dusun ini dinilai tertinggal dalam keikutsertaan program KB.

Bupati Bantul, Suharsono secara resmi meresmikan Dusun Ndingkikan sebagai Kampung KB pertama pada 2017. Ia berharap program ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. Sehingga keikutsertaan KB dapat meningkat.

"Tahun ini saya suruh semuanya kontrol wilayah Bantul yang perlu bantuan ini, kita tingkatkan. Nanti tak suruh daerah pinggiran jangan teritngal jauh lah," ujar Suharsono di lokasi, Senin (6/3/2017).

Sementara itu Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Mahmudi menambahkan, Kampung KB ini sesuai dengan perintah Presiden setelah mengunjungi kampung KB yang ada di Piyungna, Bantul. Dengan adanya Kampung KB ini diharapakan dapat meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakatnya.

"Karena setelah anak dua tidak ada bukti peningkatan kesejahteraan masyarakat. Kampung KB ini gerakan serentak dari pemerintah dan masyarakat. Perusahaan daerah juga harus berbuat, harusnya mereka peduli, terutama warga yang masih miskin," ujarnya.

Mahmudi mengatakan, khusus di Ndingkikan, keinginan warga ikut serta untuk KB masih rendah. Hal itu, kata dia, bisa dipengaruhi beberapa faktor, di antaranya SDM dan kurangnya perhatian pemerintah.

Padahal Bantul menjadi wilayah yang terhitung tinggi seluruh Yogyakarta dalam program keikutsertaan KB ini. Bahkan angkanya melampui nasional, yaitu 2,1 dari pasangan usia subur.

Angka itu bisa didapt karena banyaknya petugas Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) dan petugas tambahan penguat PLKB yang terjung di masing-masing desa. Karenanya, status Kampung KB pada Dusun Ndingkikan ini nantinya juga akan diterapkan di desa-desa pada 17 Kecamatan lainnya di Bantul.

"Targetnya satu kecamatan itu ada pancingan, jadi nanti ada 17 dukuh (jadi Kampung KB) di tahun ini. Bantul saat ini sudah ada dua Kampung KB, pertama di Piyungan dan tahun ini di sini (Ndingkikan)," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini