Sukses

3 Kabupaten Banjir Setelah 3 Hari Hujan di Jambi

Tak hanya banjir, tanah longsor juga merobohkan dua rumah warga di Jambi

Liputan6.com, Jambi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi menyatakan tiga kabupaten baru saja diterjang banjir. Ini akibat tingginya intensitas hujan sejak tiga hari terakhir.

Kepala Seksi Kesiapsiagaan BPBD Provinsi Jambi, Dalmanto mengatakan, tiga kabupaten itu adalah Kabupaten Sarolangun, Bungo, dan Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar).

Ia mengungkapkan, di Kabupaten Sarolangun banjir terjadi di Desa Laman Sigatal dan merendam sedikitnya 30 rumah warga. Banjir juga menerjang Kecamatan Pauh Ilir, Kabupaten Sarolangun.

"Longsor juga terjadi dan mengakibatkan dua rumah warga rusak parah. Namun tidak ada korban jiwa," ujar Dalmanto di Jambi, Selasa, 28 Februari 2017.

Sedangkan di Kabupaten Bungo, banjir merendam puluhan rumah di daerah Rantau Pandan. Banjir di daerah ini diakibatkan tingginya debit air akibat hujan lebat selama beberapa hari.

Kemudian di Kabupaten Tanjabbar banjir terjadi akibat naiknya air laut. Puluhan rumah warga yang berada di kawasan pesisir kini tengah terendam banjir rob.

"Personil BPBD di masing-masing daerah sudah berada di lokasi banjir untuk penanganan lebih lanjut," tutur Dalmanto.

Ia juga mengimbau warga, khususnya di daerah rawan banjir agar selalu waspada. Mengingat sesuai data dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) curah hujan beberapa hari ke depan di prediksi masih tinggi.

Sementara itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Jambi menyebutkan, cuaca Jambi pada Selasa, 28 Februari 2017 berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat, petir dan angin kencang.

Potensi hujan terjadi di wilayah Kabupaten Batanghari, Muarojambi, Tanjung Jabung Timur, Tanjung Jabung Barat dan Tebo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini