Bayi Kembar Siam Dempet Dada dan Perut Lahir di Pasaman

Oleh Liputan6 pada 25 Feb 2017, 10:08 WIB

Liputan6.com, Lubuk Sikaping - Bayi kembar siam dempet dada dan perut asal Tanjuang Baringin, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, akan menjalani operasi pemisahan di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M. Djamil Padang setelah dirujuk dari RSUD Lubuk Sikaping.

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lubuk Sikaping Yong Marzuhaili mengatakan, bayi kembar itu dirujuk ke RSUP M Djamil pada Kamis, 23 Februari 2017 agar ditangani lebih intensif.

Pasien dirujuk ke Padang dengan menggunakan ambulans yang disiapkan sebelumnya. Di dalamnya terdapat alat medis berupa inkubator bersama tim medis dari RSUD setempat.

Sementara itu, ibu bayi kembar siam tersebut masih menjalani perawatan di RSUD Lubuk Sikaping. "Untuk waktu operasinya, itu tergantung dari pihak rumah sakit di Padang. Kita mendoakan semoga operasi berjalan lancar dan bayinya sehat," kata dia, dilansir Antara, Jumat, 24 Februari 2017.

Ia mengatakan kondisi pasien sehat dan denyut kedua jantungnya normal. "Begitu juga paru-parunya. Namun, kita belum bisa memastikan alat pencernaannya apakah normal atau tidak. Ini yang akan kita serahkan ke RSUP M. Djamil Padang," ujar Yong.

Sebelumnya, bayi kembar siam tersebut lahir di ruang operasi RSUD setempat pada Kamis, 23 Februari 2017, sekitar pukul 10.30 WIB, berjenis kelamin perempuan dengan berat badan 4,2 kilogram.

Bayi tersebut merupakan anak pasangan ibu Rahmayani (21) dan ayah Nofiyadri (26), warga Tanjuang Baringin, Kecamatan Lubuk Sikaping.