Sukses

Top 3 Berita Hari Ini: Temuan Jenazah Utuh Berkalung Serban

Top 3 Berita Hari Ini diwarnai penemuan jasad berusia puluhan tahun di Gunungkidul yang masih dalam keadaan utuh dengan berbalut serban.

Liputan6.com, Yogyakarta - Top 3 Berita Hari Ini teratas di kanal Regional ditempati berita penemuan jasad berusia puluhan tahun di Desa Plembutan, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, yang masih dalam kondisi utuh. Jasad tersebut terkubur di kedalaman 1,5 meter.

Terlebih lagi saat jasad tersebut terbalut dengan kain serban. Sontak ini membuat geger warga Gunungkidul. Karena selama puluhan tahun, warga mengetahui lokasi penggalian itu kosong.

Kabar lainnya yang tak kalah menarik tentang puluhan pelajar SD Kota Bandung yang membuat surat di Hari Kasih sayang untuk Inggit Garnasih.

Siapa sosok Inggit Ginarish? Ia adalah ibu kos Bung Karno. Namun seiring kebersamaan mereka, Sukarno jatuh cinta padanya.

Berikut berita terpopuler dalam Top 3 Berita Hari Ini

1. Jasad Berkalung Serban Gegerkan Warga Gunungkidul

ilustrasi pembunuhan | via: kaskus.co.id

Sosok jasad berkalung serban menggegerkan warga Dusun Toboyo, Desa Plembutan, Playen, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Pasalnya, jasad yang diperkirakan sudah berusia puluhan tahun itu ditemukan dalam kondisi baik dengan kain kafan utuh membalut tulang belulang, pada Rabu, 15 Februari 2017.

Juru Kunci Makam di Dusun Toboyo, Wasiman (70) mengatakan jasad itu terkubur di kedalaman sekitar 1,5 meter saat akan diangkat. Saat ditemukan, kain kafan jasad itu utuh dan hanya kotor karena terkena tanah.

"Anehnya, bentuknya masih utuh dan tidak rusak meski telah terkubur lama. Kami juga mengumumkan di kampung tetapi tidak ada yang mengetahui itu jenazah siapa," ucap dia.

"Mungkin jenazah itu merupakan orang yang memiliki kelebihan ilmu agama atau apa, karena masih utuh," kata dia.

Selengkapnya... 

2. Surat-Surat Cinta untuk Inggit Garnasih, Pendamping Sukarno

Tanggal 17 Februari yang berarti hari ini merupakan hari lahir Inggit Garnasih, pendamping Sukarno selama 20 tahun. (Liputan6.com/Arie Nugraha)

Puluhan pelajar Sekolah Dasar (SD) Astana Anyar Kota Bandung menulis surat cinta yang ditujukan kepada istri kedua Sukarno, Inggit Garnasih. Surat cinta yang ditulis mereka bertujuan agar para pelajar mengenal lebih jauh sosok Inggit Garnasih sebagai seorang pejuang kemerdekaan.

"Ini momennya pas Hari Valentine (kasih sayang), sedangkan kemarin ada surat dari Dinas Pendidikan tidak boleh merayakan hari Valentine. Soalnya anak SD sekarang sudah mengenal cinta. Daripada mereka menulis surat cinta buat pacarnya, mendingan mereka nulis buat ibu bangsa," kata Sandi Syarif, juru bicara kelompok pemuda Newcastle, Kecamatan Astana Anyar, Kota Bandung, Selasa, 14 Februari 2017.

Cucu Inggit, Tito Zeni, menjelaskan bahwa neneknya adalah sosok perempuan pejuang yang romantis dan memegang teguh prinsip dalam mendukung kemerdekaan Indonesia.

"Bu Inggit dan Bung Karno mengatakan bahwa cinta yang tertinggi setelah kepada Tuhan adalah kepada rakyat, bangsa, negara dan umat manusia," kata Tito.

Selengkapnya...

3. Tak Hanya Bergerak, Tanah di Gunungkidul Keluarkan Uap Panas

(Istimewa)

Keluarnya uap panas dari dalam tanah membuat geger warga Dusun Kayen, RT 2 RW 3, Desa Sampang, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Supriyono, salah seorang saksi mata, mengaku tahu keluarnya asap tersebut saat pemilik rumah Trisno Wiyono hendak menanam pohon binahong di pekarangan rumah.

"Sekitar pukul 6 pagi, saat menggali tanah, tiba–tiba keluar asap panas dari dalam tanah," kata dia.

Ketua RT 2 Tugiyo mengatakan dari cerita turun-temurun lokasi keluarnya asap panas itu merupakan puncak gunung api purba.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.