Ada Air Terjun Berbentuk Hati untuk Sambut Hari Valentine

Oleh Ola Keda pada 14 Feb 2017, 13:31 WIB

Liputan6.com, Kupang - Jika Anda warga Nusa Tenggara Timur (NTT) yang bingung mau pergi ke mana di Hari Valentine ini, mungkin bisa mencoba pergi ke air terjun di Kampung Noelaku, Desa Noinbila, Kecamatan Molo Selatan. Kolam air terjunnya yang berbentuk hati bisa menyejukkan fisik dan hati pengunjung.

Air terjun ini merupakan satu di antara banyak tempat wisata di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) yang memiliki panorama alam unik dan indah. Karena kolam tempat menampung air berbentuk hati, orang-orang sering menyebutnya sebagai Waterfall Love.

Meski namanya belum terlalu tenar, air terjun unik ini belakangan mulai ramai dikunjungi masyarakat Kota Soe hingga wisatawan asing. Air terjun ini hanya berjarak 10 kilometer dari Kota Soe menuju Kapan, ibu kota Kecamatan Molo Utara.

Untuk sampai ke lokasi air terjun, pengunjung bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Hanya membutuhkan waktu 20 menit pengunjung tiba di Waterfall Love Noelaku ini.

Akses jalan menuju lokasi tergolong sulit ditemukan bagi pengunjung yang baru pertama ke sana. Namun jangan takut, karena sepanjang jalan menuju lokasi terdapat rumah warga, sehingga bisa bertanya.

Sebelum tiba di lokasi, anda juga akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan bukit yang berjejer rapi sepanjang jalan.

Gemuruh aliran air terdengar jika Anda sudah mendekati lokasi air terjun. Namun, Anda perlu berhati-hati setelah masuk ke area lokasi karena jalur yang terjal dan licin.

Di lokasi ini, nampak permukaan tebing berwarna putih kuning di bagian atas dengan tiga tingkat kolam yang terbentuk secara alami. Lokasi yang di kelilingi pohon-pohon menambah eksotisme lokasi air terjun ini. Paling atas tebing terdapat kolam dengan air jernih.

Yohanes Neno, warga setempat mengatakan, kolam yang menampung air terjun berbentuk hati itu terbentuk secara alami oleh kikisan dari ratusan tahun lalu.

Lebar kolam sekitar empat meter dengan kedalaman mencapai tiga meter. Pengunjung bisa berenang dan bersantai ria di sekitar kolam sambil menikmati udara segar, terutama di Hari Valentine ini.