Kehangatan Pagi dan Pantai Pasir Putih Penyembuh Rematik

Oleh Eka Hakim pada 08 Feb 2017, 06:00 WIB

Liputan6.com, Bantaeng, Sulsel - Pagi belum beranjak siang ketika beberapa keluarga menikmati hamparan pantai pasir putih di Desa Baruga, Kecamatan Pajukukang, Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan. Mereka memang betah berlama-lama di Pantai Korong Batu yang selalu dipadati pengunjung setiap hari libur.

Panorama alam dan keberadaan pasir putih serta fasilitas yang terdapat di kawasan pantainya menjadi salah satu daya tarik pengunjung. Tak hanya warga Bantaeng, banyak pengunjung dari daerah lain turut menikmati liburan di pantai yang berbatasan dengan Kabupaten Bulukumba, Sulsel tersebut.

Bahkan, beberapa kelompok warga dari Kota Makassar dan Kabupaten Jeneponto, memanfaatkan air laut di Pantai Korong Batu untuk berobat.

"Selain mandi-mandi bersama keluarga di sekitar pantai juga ada saudara saya yang sengaja ikut untuk obati sakit rematiknya yang sudah lama. Alhamdulillah sudah ada perubahan sedikit setelah ke sini," ucap Darna (36), warga Jalan Harimau, Kota Makassar, Minggu, 5 Februari 2017.

Darna mengaku sudah dua kali membawa keluarganya tanpa terkecuali kakaknya yang menderita sakit rematik tersebut ke pantai yang dikenal dengan pasir putihnya itu.

"Di sini sekalian liburan juga dan kebetulan pantainya bersih. Kakak saya yang sakit itu ke sini karena dengar-dengar cerita orang dulu kalau kena rematik pergi saja berendam di air laut. Nah, kami ke sini karena bisa berendam pantainya bersih dan sejuk," ia menerangkan.

Suasana pagi hari di pantai pasir putih Korong Batu di Desa Baruga, Kecamatan Pajukukang, Kabupaten Bantaeng, Sulsel. (Liputan6.com/Eka Hakim)

Namun karena cuaca yang tak bersahabat seperti saat ini, Darna dan para pengunjung tidak berendam dan berenang di area yang jauh dari garis pantai.

"Risiko juga kalau berenang hingga ke luar, jauh dari bibir pantai karena angin kencang dan ombak sewaktu-waktu bisa menghanyutkan. Apalagi tadi dilarang petugas pantai," tutur Darna.

Dari Kota Bantaeng menuju Pantai Korong Batu, pelancong menempuh jarak 18 kilometer atau memerlukan waktu sekitar 30 menit. Lokasinya melewati jalan poros Kota  Bantaeng ke arah Kabupaten Bulukumba.

Suasana pagi hari di pantai pasir putih Korong Batu di Desa Baruga, Kecamatan Pajukukang, Kabupaten Bantaeng, Sulsel. (Liputan6.com/Eka Hakim)

"Pantai pasir putih ini terletak tidak jauh dari jalan raya, ya kurang lebih satu kilometer," Darna menjelaskan.

Selain berenang, pengunjung dapat berjemur dan berolahraga di sekitar area pantai. Bila ingin menikmati sensasi lain, pelancong dapat menyewa perahu nelayan untuk berlayar di sepanjang hamparan pasir putih Pantai Korong Batu, Bantaeng, Sulsel.