Sukses

Domba dan Sapi Kontes Bakal Semakin Dimanja di Purwakarta

Biaya untuk membangun fasilitas yang memanjakan domba dan sapi kontes mencapai Rp 10 miliar.

Liputan6.com, Purwakarta - Pemerintah Kabupaten Purwakarta bakal membuat hotel khusus untuk hewan seperti domba dan sapi. Hotel itu nantinya dijadikan tempat persinggahan hewan yang akan mengikuti kontes mulai dari ketangkasan hingga kontes kecantikan dan kontes bibit unggul.

Menurut Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, hotel tersebut dibangun di komplek Stadion Kidang Pananjung Kampung Cikubang, Desa Pusaka Mulya, Kecamatan Kiarapedes, Purwakarta  dengan dilengkapi dengan sejumlah fasilitas mulai pijat dan spa untuk hewan.

Menurut Dedi, itu dilakukan setelah daerah yang dipimpinnya memiliki stadion ketangkasan hewan Kidang Pananjung merupakan arena uji ketangkasan.

"Hewan yang datang dari berbagai daerah di Jawa Barat seperti Garut, Cianjur, Tasikmalaya, dan lainnya sebelum bertanding atau kontes ketangkasan, bisa istirahat dulu di hotel tersebut," kata Dedi di Purwakarta Senin (23/1/2017).

Dedi berharap dengan adanya hotel tersebut, hewan yang mengikuti uji ketangkasan bisa melepas lelah setelah melalui perjalanan jauh. Apalagi dengan ada fasilitas pijat dan spa, hewan esok harinya bisa tampil dalam kondisi segar.

"Dengan begitu, performa hewan-hewan itu saat mengikuti uji ketangkasan bisa maksimal," ujar Dedi.

Hotel hewan itu bakal dikonsep dengan arsitektur tradisional dengan menggunakan bahan baku yang tersedia dari alam di lingkungan sekitar, seperti kayu dan bambu. Serta, menggunakan atap dari ijuk.
 
"Jumlah kamarnya minimal 30. Untuk biayanya cukup Rp 10 miliar," kata Dedi.

Kompleks stadion ketangkasan hewan Kidang Pananjung di Kampung Cikubang memiliki luas mencapai 10 hektare. Di area stadion juga bakal dibangun vila bagi para pemilik hewan yang akan mengikuti uji ketangkasan.

"Saat ini, kapasitas stadionnya antara 800 hingga seribu penonton," ujar Dedi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.