Sukses

Angin Kencang, Pohon Beringin Tumbang

Selain itu ada empat motor dan satu mobil juga tertimpa pohon beringin besar.

Liputan6.com, Yogyakarta - Angin kencang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Embusan angin yang begitu kuat membuat puluhan pohon tumbang seperti di daerah Kebon Agung, Kronggahan, Gamping, Sleman.

Pohon beringin besar itu tumbang dan membuat sedikitnya empat kios di dekat sana rusak. Salah satunya, kios mebel milik Sutikno.

Sutikno (42) mengatakan, saat terjadi angin kencang, ia dan pegawainya sedang berteduh di kiosnya. Lalu ia mendengar suara gemuruh datang. Tidak lama setelah itu pohon beringin yang ada di dekatnya menimpa kiosnya.

"Tiba tiba ambruk dan mengenai kios saya. Saya lari tapi yang lainnya tidak sempat lari," kata Sutikno di lokasi kejadian, Senin, 9 Januari 2017.

Sutikno mengatakan robohnya pohon beringin itu membuat tiga orang mengalami luka-luka, termasuk pegawainya. Selain itu ada empat motor dan satu mobil juga tertimpa pohon beringin besar.

"Ada yang patah kaki kirinya, dia penjual yang ikut berteduh di sini. Lalu karyawan saya namanya Gendut, dia luka di leher. Tadi langsung dilarikan ke Rumah Sakit UGM," ujar dia.

Sementara itu, Kasi Kedaruratan Pusdalop BPBD Yogyakarta, Danang Samsurizal menyampaikan, angin kencang di wilayah Sleman pada pukul 13.43 WIB itu terjadi di dua kecamatan, yaitu Kecamatan Mlati dan Kecamatan Sleman. Wilayah Kecamatan Mlati tercatat ada lima titik pohon tumbang dan menimbulkan korban luka dua orang karena tertimpa pohon.

"Selain itu beberapa titik pohon yang tumbang tersebut kebanyakan menimpa akses jalan utama di wilayah Kecamatan Mlati," ujar Danang.

Sementara di Kecamatan Sleman, tercatat ada 21 titik pohon tumbang yang menimpa beberapa rumah dan menutup akses jalan. Pihak BPBD DIY dan Sleman sudah mengirimkan tim reaksi cepat dibantu relawan dan masyarakat serta pihak lainnya melakukan pembersihan

"Di Kecamatan Sleman juga menimpa satu korban luka karena tertimpa pohon beringin," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.