Sukses

Ratusan Hewan Kurban di Jambi Ditemukan Sakit

Masyarakat diminta teliti membeli hewan yang akan dikurbankan.

Liputan6.com, Jambi - Menjelang Hari Raya Idul Adha, sebanyak 146 hewan kurban di Kota Jambi mengidap berbagai penyakit. Ratusan hewan sakit itu dinyatakan tidak layak dijadikan hewan kurban.

"Selama empat hari ini total hewan yang sudah diperiksa mencapai 3.354 ekor," ujar Kepala Bidang Peternakan Dinas Peternakan Kota Jambi Said Abu Bakar di Jambi, Sabtu (10/9/2016).

Menurut Said, hewan yang dinyatakan sakit tidak bisa digunakan sebagai kurban, sehingga tidak diberi label sehat. Ratusan hewan yang sakit itu terdiri atas sapi dan kambing.

"Kalau dicek sehat, maka akan diberikan label sehat yang tertera di bagian leher hewan," ujar Said.

Said mengimbau kepada masyarakat teliti membeli hewan yang akan dikurbankan. Salah satunya adalah mengecek ada atau tidak label sehat yang tertera di bagian leher hewan.

"Jika tidak ada, warga juga bisa meminta dinas terkait melakukan pengecekan. Jadi harus benar-benar teliti agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan," kata Said.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini