Sukses

22 Tahun Jadi Peliharaan, Buaya Muara Ini Dievakuasi

Kini buaya muara itu sudah berukuran sekitar dua meter.

Liputan6.com, Pontianak - Puluhan tahun sudah buaya muara (Crocodylus porosus) ini dipelihara dan dirawat seorang warga di sebuah kompleks perumahan di Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Kini buaya itu sudah berukuran sekitar dua meter.

Royi Irvan (34) ikhlas menyerahkan buaya peliharaannya kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Barat. Seperti disampaikan Kepala BKSDA Kalbar Sustyo Iriono.

(Raden AMP/Liputan6.com)

"Asal-usul buaya muara ini berdasarkan  keterangan dari pemelihara, bahwa telah dipelihara selama 22 tahun. Buaya muara ini berasal dari Kecamatan Kubu, Kabupaten Kubu Raya, diketemukan 22 tahun lalu," kata Sustyo di kantornya, Pontianak, Kalbar.

"Ketika itu buaya muara ini masih berukuran 30 centimeter semasa orangtua Royi Irvan masih berdinas aktif sebagai PNS di Kecamatan Kubu, Kabupaten Kubu Raya," dia menambahkan.

Dia mengaku, jajarannya masih mengidentifikasi jenis kelamin reptil itu. Yang jelas, buaya itu saat ini sudah berusia cukup tua, 23 tahun.

"Jenis kelamin belum diketahui. Dewasa umur kurang lebih 23 tahun," tutur dia.

Sustyo menyatakan, buaya muara itu kini sudah berada di tempat aman. "Saat ini buaya muara ini dititiprawatkan di Lembaga Konservasi Sinka Zoo, Kota Singkawang."

(Raden AMP/Liputan6.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini