Sukses

Cerita Para Ayah Antar Anak pada Hari Pertama Sekolah

Rudi sengaja tidak bekerja untuk menunggu sang anak hingga jadwal kegiatan belajar mengajar (KBM) pertama habis.

Liputan6.com, Palembang - Hari pertama sekolah di Palembang, Sumatera Selatan menjadi pemandangan menarik. Sebab, orangtua murid yang mengantar didominasi para ayah yang antusias hadir di hari pertama anaknya bersekolah.

Seperti Rudi Irawan, warga Jalan Betawi, Kecamatan Sematang Borang, Palembang ini bahkan rela ambil cuti satu hari demi mengantarkan anaknya pertama kali masuk sekolah.

"Saya sengaja off kerja hari ini, khusus untuk mengantarkan anak kedua saya pertama kali masuk sekolah. Saya berbagi tugas dengan istri yang juga mengantarkan anak pertama masuk sekolah di sekolah yang berbeda," ungkap dia, Senin (18/7/2016).

Rudi mengantar anaknya masuk ke Sekolah Dasar Negeri (SDN) 121, di Jalan Betawi Raya Kecamatan Sematang Borang, Palembang. Anaknya pun semangat untuk memulai hari pertama. Terlebih, Rudi memang meluangkan waktu untuk menunggu sang anak hingga jadwal kegiatan belajar mengajar (KBM) pertama habis.

Rian (34), warga Jalan Sersan Sani, Kecamatan Kemuning Palembang ini juga meluangkan waktunya untuk mengantarkan anak pertamanya,Thuraya Nur Medina, untuk masuk sekolah pertama kali di Sekolah Dasar (SD) Persit Kartika III, Sekip Ujung Palembang.

"Anak saya maunya diantar sama kedua orangtuanya. Kalau tidak, dia tidak mau sekolah. Saya juga semangat mengantarkan anak pertama saya sekolah, ada rasa bangga melihat anak saya sudah besar dan bersekolah," ucap dia.

Sementara itu, Adi Norman, warga Jalan Banten 6, Kecamatan Seberang Ulu II Palembang ini bahkan selalu rutin mengantarkan anaknya masuk sekolah.

"Kalau anak saya sudah kelas 3 di SDN 97 Palembang. Hari ini, saya dan istri saya yang mengantar sekolah. Saya juga mengecek langsung ruang kelas mana dan siapa wali kelas yang akan mengajar di kelas anak saya," kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masuk TK

Yokhe Firmansyah (30), warga Jalan Perindustrian 2 Kampung Sukadamai Kecamatan Sukarame Palembang ini pun meluangkan waktunya untuk mengantarkan sang anak masuk Taman Kanak-Kanak (TK) untuk pertama kali. Apalagi, anaknya juga bersemangat saat orangtuanya mengantarkan.

"Saya ingin momen pertama kali dia masuk sekolah, ada saya juga di sampingnya. Jadi sebagai bentuk dukungan ke anak saya. Ini saya sempatkan saja karena saya juga masuk kerja pagi," ujar Yokhe kepada Liputan6.com, seusai mengantarkan anaknya masuk di TK Ceria, Kecamatan Sukarame, Palembang.

Tak hanya Yokhe, para ayah siswa TK Ceria lainnya juga ramai mengantar anak-anaknya untuk masuk sekolah di hari pertama. Meskipun masih didominasi ibu-ibu, Yokhe tetap bersemangat mengantarkan anaknya sampai masuk ke kelas untuk mengikuti jam pelajaran pertama.
 
Jika seluruh KBM di Palembang sudah dimulai pada hari Senin ini, berbeda halnya di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan. Proses belajar mengajar di kabupaten ini bahkan baru dimulai minggu depan.

Seperti diungkapkan Herry, warga Kabupaten OKU Selatan ini belum mengantarkan anaknya masuk sekolah dikarenakan seluruh sekolah di kabupaten ini baru mulai belajar pada Senin, 25 Juli 2016.

"Kalau di kabupaten ini, seluruh sekolah baru dimulai minggu depan. Jadi sekarang, kami hanya persiapkan kebutuhan anak saya saja untuk masuk sekolah nanti," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini