Sukses

Gempa Sumbar Terasa Sampai Bengkulu, Warga Berhamburan Panik

Warga panik setelah merasakan getaran gempa yang cukup kuat. Mereka pun memilih langsung ke luar rumah.

Liputan6.com, Bukittinggi - Gempa Bumi berkekuatan 6,5 Skala Richter yang terjadi di dekat Padang, Sumatera Barat dirasakan cukup kuat di sejumlah daerah sekitarnya. Seperti di Kota Bukittinggi, Sumbar.

Warga panik setelah merasakan getaran gempa yang cukup kuat. Mereka pun memilih langsung ke luar rumah. Seorang warga, Epi (58) mengatakan, getaran gempa tersebut terasa cukup lama, yakni sekitar 15 detik.

"Warga di sekitar rumah langsung ke luar rumah, selama beberapa saat usai gempa kami masih di luar rumah khawatir bila ada gempa susulan," kata Epi seperti dikutip dari Antara, Kamis (2/6/2016).

Tak cuma kawasan Sumbar, Kota Mukomuko di Bengkulu juga turut merasakan getaran lindu ini.

Getaran gempa Bumi yang berlangsung selama sekitar satu menit itu membuat warga Desa Ujung Padang Kecamatan Kota Mukomuko yang berbatasan dengan Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar itu berhamburan ke luar rumah.

"Saat gempa kami cepat membawa anak-anak ke luar dari rumah, kami khawatir gempa Bumi sebesar ini merobohkan bangunan rumah," ujar seorang warga, Novi.

"Getarannya cukup kuat, jadi tetap ke luar rumah. Setelah berhenti baru kami masuk rumah lagi," sambung dia.

Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bengkulu Haris Havid Hakim mengatakan gempa tersebut berkekuatan 6,5 Skala Richter (SR) dengan kedalaman 72 kilometer. Titik gempa berpusat di 87 kilometer arah tenggara Kepulauan Mentawai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini