Sukses

Jambi Dilanda Suhu Panas Sampai Bikin Pusing

Suhu udara maksimum Jambi naik.

Liputan6.com, Jambi - Suhu udara di sebagian Sumatera, khususnya di Jambi terasa amat menyengat saat siang hari. Saking panasnya, bahkan sampai membuat pening kepala.

"Kadang masih terjadi hujan lebat. Tapi saat siang hari udara begitu panas dan terik, sampai kadang bikin pusing," ujar seorang pegawai negeri sipil (PNS) di Pemprov Jambi Ida di Jambi, Senin (30/5/2016).

Akhmad, warga Kotabaru, Kota Jambi juga mengeluhkan hal yang sama. Menurut dia, selama dua pekan terakhir suhu udara di Kota Jambi kala siang hari terasa begitu panas.

"Kasihan anak-anak, saya yang sudah dewasa saja kadang tidak tahan kalau mau keluar siang hari," ucap Akhmad.

Ada Apa?

Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jambi, Zenita Endriani membenarkan adanya fenomena suhu udara yang panas tersebut.

Menurut dia, cuaca terik di siang hari terjadi akibat pengaruh massa udara kering yang terbawa dari daratan Australia hingga ke sebagian wilayah Sumatera, khususnya Provinsi Jambi.

Kondisi itu ditambah dengan penyinaran matahari yang terjadi secara optimal hingga mengakibatnya udara siang hari terasa lebih menyengat. Hal ini diperkirakan masih akan terjadi hingga beberapa hari ke depan.

Akibatnya, suhu udara maksimum di Jambi naik. Untuk siang hari, suhu maksimum di Kota Jambi mencapai 34 derajat celsius.

"Suhu maksimum terjadi sekitar pukul 13.00-15.00 WIB. Sementara, suhu minimum berkisar 25-27 derajat celsius," kata Zenita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.