Serunya Selfie di Hutan Anggrek Papua

Oleh Katharina Janur pada 13 Mei 2016, 19:00 WIB
Hutan Anggrek Papua

Liputan6.com, Jayapura - Papua Orchid Show 2016 menjadi ajang selfie bagi warga Kota Jayapura. Pameran anggrek yang digelar di Gedung Olahraga (GOR) Cenderawasih, Kota Jayapura, ini memang baru kali ini dilaksanakan kembali, setelah lebih dari 15 tahun tak pernah dilakukan.

Lokasi pameran sengaja disulap menjadi hutan anggrek yang dipenuhi dengan berbagai macam jenis anggrek Papua.

Tak hanya itu, sejumlah provinsi juga ikut ambil bagian dalam pagelaran ini, di antaranya Provinsi Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan, dan Sumatera Utara juga menampilkan anggrek yang dibawa dari daerahnya masing-masing.

Pameran dibuka oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak, Yohana Yambise, Kamis petang 12 Mei 2016. Pengunjung pun membeludak memenuhi GOR yang terletak di jantung ibu kota Provinsi Papua.

"Ada 5000 spesies anggrek Papua dan kita harus bangga. Ini bisa menjadi ikon tersendiri bagi Papua dan menjadi identitas diri," kata Yohana dalam pembukaan pameran anggrek Papua, Kamis (12/5/2016)

Karena itu, dengan adanya kekayaan alam ini, pemerintah harus bisa menyiapkan satu model atau sistem yang dapat dilanjutkan oleh generasi selanjutnya untuk melestarikan anggrek tersebut, guna memberikan tambahan pendapatan bagi warga setempat.

Salah satu warga Jayapura, Rina, mengaku sangat menyukai anggrek dan sengaja datang ke pameran ini. Tak hanya menjadi ajang cuci mata, tetapi pameran ini juga menjadi lokasi selfie bagi pengunjung yang hadir.

"Harus selfie di pameran ini, sebab jarang-jarang ada pameran anggrek. Apalagi warna-warni bunga anggrek sangat menarik untuk difoto," kata Rina yang ber-welfie ramai-ramai dengan kawannya.

Tak hanya itu, sejumlah tamu undangan juga sibuk untuk membidikkan kameranya ke sejumlah tanaman anggrek yang dianggapnya unik.