Sukses

Akal Bulus Pencuri Kotak Amal Kelabui Sipir Lapas

MAS merupakan tahanan titipan dari Polsek Jambi Selatan atas kasus pencurian kotak amal.

Liputan6.com, Jambi - MAS alias MA (25) tak hanya lihai mencuri kotak amal sebuah masjid. MAS ternyata juga pintar mengelabui petugas sipir di Lapas Klas II Kota Jambi. Ia berhasil kabur selama sepekan sebelum akhirnya tertangkap kembali.

Keheningan subuh pada Sabtu (16/4) di dalam Lapas Kota Jambi tiba-tiba pecah. Gara-garanya, satu orang tahanan dilaporkan kabur saat sejumlah warga Lapas dan petugas tengah khusyuk menjalankan ibadah salat Subuh.

Usai kejadian, Kalapas Klas II Jambi, Suyatna mengatakan, MAS merupakan tahanan titipan dari Polsek Jambi Selatan atas kasus pencurian kotak amal. MAS ditempatkan di Blok D II yang memang dihuni  tahanan titipan.

"Saat sepi petugas salat subuh, ia (MAS) menjebol plafon dan keluar memanjat tembok tak jauh dari pos jaga di bagian belakang," ujar Suyatna.

MAS diketahui juga baru seminggu dititipkan di Lapas Jambi. Ia ditempatkan dengan 10 tahanan titipan lainnya.

Usai sepekan mengembara menghindari kejaran petugas. MAS akhirnya berhasil ditangkap di daerah Bayung Lencir, Sumatra Selatan yang tidak jauh dari daerah perbatasan Jambi.

"Ia diamankan Sabtu (23/4/2016) dini hari sekitar pukul 05.00 WIB," kata Suyatna di Jambi, Senin (25/4/2016).

Menurut Suyatna, MAS sempat berpindah-pindah selama sepekan dalam pelarian. Ia berhasil ditangkap setelah sebelumnya petugas kepolisian melakukan penyelidikan terhadap keluarganya di kawasan Mayang, Kota Jambi.

Jika ingin kabur, MAS sepertinya harus memutar otak kembali. Sebab, kini ia ditempatkan di sel khusus Lapas Jambi agar tidak kabur lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.