Sukses

Pontianak Jadi Prioritas AS Kembangkan Smart City

Dubes AS Robert O Blake Jr pun menyebut pemimpin yang terbaik di Indonesia adalah wali kota.

Liputan6.com, Pontianak - Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat untuk Indonesia Robert O Blake Jr menyambangi Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Maksud kedatangan Dubes AS adalah membicarakan berbagai hal terkait kemajuan yang telah dicapai Kota Pontianak.

Pontianak, menurut Dubes Blake merupakan satu dari 10 kota di Indonesia yang menjadi prioritas AS untuk bisa dikembangkan lebih lanjut terkait hubungan kedua belah pihak.

"Kita sudah memiliki American Corner di Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak...Kami sangat tertarik sekali untuk bisa bekerja sama lebih lanjut seperti di bidang pembangunan bisnis maupun di bidang Smart City," ucap Dubes AS saat menggelar pertemuan dengan Wali Kota Sutarmidji di Pontianak, Selasa 16 Februari 2016.

Dalam kunjungannya, Dubes AS sempat melontarkan pula soal pemimpin di Indonesia. Dubes Blake mengatakan, pemimpin yang terbaik di Indonesia adalah wali kota. Presiden Joko Widodo adalah salah satu contohnya.

"Wali Kota Pontianak juga merupakan salah satu contoh pemimpin terbaik di Indonesia," ujar Dubes Blake.

Sementara itu Wali Kota Sutarmidji menjelaskan, kedatangan Dubes AS itu ke Pontianak tujuannya tiada lain untuk mengetahui lebih jauh kemajuan tata kelola pemerintahan di Pontianak ini. Ia pun menyambut baik apa yang dikatakan oleh sang Dubes.

"Terutama terkait perizinan, investasi, kreativitas anak muda dan lain sebagainya," papar Sutarmidji.

Sutarmidji mengungkapkan, AS juga menawarkan kerja sama program Smart City di Kota Khatulistiwa ini. Untuk diketahui, Kota Pontianak Sudah mewujudkan Smart City dan hingga saat ini sedang tahap penyempurnaan.

"Saya akan dengan senang hati menerima tawaran itu sepanjang untuk perbaikan-perbaikan dari Smart City yang sudah kita terapkan," jelas dia.

Menurut Sutarmidji, Kota Pontianak dinilai sebagai salah satu dari 10 kota di Indonesia yang menjadi prioritas dari pengembangan hubungan kerja sama antara AS dengan kota-kota lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.