Sukses

Pasokan Listrik Pulih, Kota Makassar Kembali Terang

Pulihnya aliran listrik membuat lalu lintas di jalanan Kota Makassar kembali lancar dan tidak semrawut lagi.

Liputan6.com, Makassar - Pemadaman listrik di sejumlah daerah di Sulawesi Selatan, termasuk Kota Makassar, berangsur pulih. Lampu-lampu di permukiman dan fasilitas umum pun kembali menyala.

Sebelumnya, sejak Selasa (19/1/2016) siang sekitar pukul 14.13 Wita hingga malam pukul 20.00 Wita, pasokan aliran listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Desa Punagaya, Bangkala, Jeneponto, Sulawesi Selatan mengalami gangguan pada mesinnya yang berbahan bakar batu bara.

Selain itu, transmisi di Kabupaten Gowa mengalami gangguan akibat disambar petir pada Selasa siang sekitar pukul 14.13 Wita.

Listrik kembali menyala pada pukul 21.00 Wita. Pasokan listrik dari PLTU Jeneponto sebanyak 2 x 125 MW mulai pulih. Seluruh lampu jalan protokol dan listrik yang mengaliri permukiman warga di Kota Makassar pun kembali pulih sedia kala.


General Manager PLTU Jeneponto, Bagyo Prijanto mengatakan, gangguan transmisi akibat petir di Kabupaten Gowa berdampak juga dengan dipadamkannya 2 mesin pembangkit berbahan bakar batu bara yang dipimpinnya.

"Ketika ada gangguan dan sudah diperbaiki, lalu akan dinyalakan kembali. Tiba-tiba terjadi gangguan, tapi secara teknis sudah diperbaiki dan akan normal kembali," kata Bagyo.  

Sementara itu Humas PT PLN Wilayah Sulselbar, Rosita Zulkarnaen mengatakan hampir 70% wilayah kerja aliran listriknya mengalami gangguan. Keadaan ini terjadi akibat black out tersambar petir di section transmisi 150 KV ruas Tallasa Sungguminasa, Kabupaten Gowa.

Warga Kecewa

"Meskipun lebih cepat dari estimasi PLN yang menyatakan bahwa pulihnya aliran listrik nanti pada pukul 22.00 Wita. Akan tetapi sebagai pelanggan listrik dan warga Kota Makassar kami sangat kecewa dengan insiden yang bukan baru pertama kali terjadi ini," ucap salah satu warga Jalan AP Pettarani III, Kota Makassar, Adi Santiago.

Apalagi, menurut Adi, pemadaman listrik membuat traffic light atau lampu merah tidak menyala, sehingga terjadi kesemrawutan lalu lintas.

Secara terpisah, sejumlah warga di Kota Makassar, Kabupaten Gowa, Parepare, Pinrang dan Enrekang, ketika dihubungi Liputan6.com mengatakan aliran listriknya sudah mulai normal. Listrik kembali menyala malam ini sekitar pukul 21.00 Wita.

Pantauan Liputan6.com di Kota Makassar, pulihnya kembali aliran listrik membuat suasana jalanan sudah tidak semrawut lagi. Traffic light sudah menyala seperti biasanya. Bahkan sejumlah kantor, hotel dan restoran sudah memadamkan mesin gensetnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini