Sukses

Musim Hujan Terlambat Guyur Bali, Ini Sebabnya

Suhu air laut di Samudera Pasifik, masih dalam kondisi hangat.

Liputan6.com, Denpasar - Jika di daerah lain di Indonesia sudah masuk musim penghujan, di Bali justru sebaliknya. Panas menyengat hampir terjadi sepanjang hari di Pulau Dewata itu.

Kepala Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar I Wayan Suardana menyebut, Bali memang terlambat memasuki musim hujan.

"Bali itu memang terlambat masuk musim penghujan," kata Suardana saat dihubungi Liputan6.com, Minggu (29/11/2015). Pelambatan memasuki musim penghujan itu imbas dari El Nino yang terjadi di Samudera Pasifik.

Suhu air laut di Samudera Pasifik, masih dalam kondisi hangat. Sementara suhu di perairan Bali dalam kondisi dingin. "Hal itu memicu pembentukan awan masih agak sulit," terang dia.

Kendati begitu, Suardana menyebut pertumbuhan awan di atas langit Bali sudah mulai nampak. "Jadi, kami prediksi Bulan Desember Bali baru memasuki musim penghujan," tandas Suardana. (Mvi/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini