Sukses

Kesal Maling Tangkapannya Lepas, Warga Rusak Mapolsek

Warga sudah susah payah menangkap pencuri.

Liputan6.com, Palembang - Puluhan warga Desa Bangsal, Kecamatan Pampangan, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan melampiaskan kemarahannya terhadap polisi dengan merusak Markas Polisi Sektor (Mapolsek) Pampangan, Resor OKI.

Kemarahan warga meluap karena kelalaian polisi yang menyebabkan seorang pencuri kabur. Pencuri itu bernama Ujang (45) warga Desa Pulau Parang, Kecamatan Rambutan, Kabupaten Banyuasin kabur.

Warga mengaku telah susah payah menangkap Ujang yang selama ini telah cukup meresahkan. Ujang mencuri hewan ternak, kambing dan sapi, serta beberapa perahu milik warga Desa setempat.

Akibat amukan warga itu, beberapa bagian kaca Mapolsek pecah terkena lemparan batu serta dipukul warga menggunakan kayu dan benda tumpul.

Bahkan warga nyaris membakar Mapolsek, jika saja aparat Koramil dan perangkat desa tak segera datang untuk menenangkan amuk masa.

Sebelumnya, Kamis 12 November 2015 siang lalu warga menangkap tersangka Ujang saat akan mencuri hewan ternak milik warga. Ujang lantas dihakimi sampai akhirnya Kades Bangsal, Hasan, melerai dan meminta warga menyerahkan tersangka ke Mapolsek.

Semula tersangka Ujang dibawa aparat ke Puskesmas Pampangan untuk mendapat perawatan. Namun, kondisinya yang parah memaksa untuk dirujuk ke Rumah Sakit di Palembang.

Dii tengah perjalanan menuju Palembang, tersangka Ujang meminta berhenti di rumah makan untuk izin buang air kecil. Kelengahan polisi inilah yang dimanfaatkan tersangka untuk melarikan diri meski dalam kondisi tangan diborgol.

Warga yang mendengar kabar tersebut langsung marah dan menggeruduk Mapolsek pada malam harinya.

Kapolsek Pampangan, AKP, A Gani menolak jika hanya anggotanya yang disalahkan karena lalai menjaga tersangka.

"Kami dihadang oleh kerabat tersangka di sekitar lokasi kemarin, karena itu ini bukanlah kelalaian anggota semata. Kami langsung koordinasikan dengan Polres untuk mengejar kembali tersangka itu," tegas Kapolsek saat dikonfirmasi.

Saat ini, lanjut Gani, suasana di Pampangan dan sekitarnya telah cukup kondusif. Meski demikian sejumlah pembenahan harus segera dilakukan bagi anggota, begitu juga untuk bangunan Mapolsek yang perlu segera diperbaiki. (Dms/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini