Sukses

Meski Menang City Tersingkir

Kemenangan 3-2 (0-2) atas Sporting Lisbon di leg kedua babak 16 besar Europa League tak cukup bagi Manchester City untuk melaju ke delapan besar. Dengan agregat 3-3, City kalah gol tandang.

Liputan6.com, Manchester: Liputan6.com, Manchester: Nasib apes dialami Manchester City. Kemenangan 3-2 (0-2) atas Sporting di leg kedua babak 16 besar Europa League yang berlangsung di Etihad Stadium, Kamis (15/3) malam waktu setempat atau Jumat (16/3) dinihari WIB, tak cukup bagi The Citizens untuk meraih tiket ke babak perempat final. Dengan agregat sama kuat 3-3, City kalah gol tandang mengingat di leg pertama di Lisbon, Sporting unggul 1-0.

Tampil penuh semangat, di babak pertama gawang City yang dikawal kiper nomor satu Inggris Joe Hart justru jebol dua kali dalam interval enam menit. Bermula dari pelanggaran Mario Balotelli di menit ke-33, gelandang Sporting asal Cile, Matias Fernandez menjebol gawang Hart lewat tendangan bebasnya dari jarak 22 meter. Skor 1-0 tak bertahan lama. Enam menit kemudian giliran striker Belanda Ricky van Wolfswinkel yang mencetak gol setelah bekerja sama dengan gelandang Rusia Marat Izmailov. Skor 2-0 bertahan sampai jeda.

Di awal babak kedua, dengan kewajiban mencetak empat gol, Roberto Mancini melakukan perubahan formasi. Lini tengah diperkuat dengan masuknya Nigel De Jong yang menggantikan Adam Johnson. Setelah City mulai menguasai bola, Mancini menambah daya gempur dengan memainkan Edin Dzeko dan menarik keluar David Pizarro.

Hasilnya, di menit ke-60, City memperkecil ketinggalan menjadi 1-2 melalui gol Sergio Aguero yang menerima umpan dari Micah Richards. Mancini memainkan kartu truf terakhir Samir Nasri yang menggantikan David Silva. Gelombang serangan tuan rumah kian menjadi-jadi. Di menit ke-75, Aguero dijatuhkan Renato Neto di kotak terlarang. Eksekusi Balotelli mulus. Skor 2-2. Artinya City tinggal butuh tambahan dua gol.

Dalam 10 menit terakhir, gawang Sporting yang dikawal Rui Patricio mendapat gempuran hebat dari anak-anak asuhan Mancini. Di menit ke-82, comeback City kian menjadi kenyataan setelah Aguero mencetak gol kedua memanfaatkan umpan Stefan Savic yang meneruskan bola hasil corner Aleksandar Kolarov.

City berbalik unggul 3-2 dan hanya membutuhkan tambahan satu gol untuk menyingkirkan Sporting. Sayang dua peluang yang didapat Dzeko dan Balotelli lewat sundulan terbuang percuma. Aksi heroik Hart yang ikut naik membantu serangan di injury time tak cukup untuk mengantarkan gol keempat bagi City. Sundulan Hart dapat ditepis kiper Patricio. Skor 3-2 tetap tak berubah. Sporting pun lolos.(MEG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.