Sukses

Sosialisasikan Pilkada dengan Bahasa <i>Khek</i>

Penduduk Kota Singkawang, Kalbar, yang mayoritas adalah warga Tionghoa kesulitan memahami teknis pelaksanaan pilkada gubernur dan wali kota yang dimulai hari ini. Mereka tidak dapat berbahasa Indonesia.

Liputan6.com, Singkawang: Hingga pelaksanaan kampanye pada Selasa (30/10) ini, sebagian besar warga masih kesulitan memahami tata cara pelaksanaan pemilihan gubernur Kalbar dan wali kota Singkawang. Ini disebabkan mayoritas penduduk Kota Singkawang adalah warga Tionghoa tidak dapat berbahasa Indonesia.

Selain tak memahami Bahasa Indonesia, warga kota berjuluk Amoy ini umumnya tak mengerti arti pilkada. Pasalnya, tingkat pendidikan di kota berpenduduk 190 ribu jiwa ini terbilang rendah. Hal itu memaksa ketua rukun tetangga dan petugas kelompok penyelenggara pemungutan (KPPS) berimprovisasi. Mereka terjun langsung menjelaskan teknis tata cara pemilihan dan pencoblosan dalam pilkada kepada warga dengan bahasa Khek

Kota Singkawang kini memang tengah disibukkan dengan kampanye pilkada wali kota yang berbarengan dengan kampanye pilkada Gubernur Kalbar. Pencoblosan akan dilaksanakan 15 November mendatang. Warga cukup antusias menghadapi pilkada ini. Selain karena menjadi pengalaman pertama, terdapat sejumlah nama calon keturunan Tionghoa dari lima pasang calon Wali Kota Singkawang.(YNI/Amien Alkadrie)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini