Lezatnya Nasi Lengko plus Sate Kambing Khas Cirebon

Kuliner · 06 Agu 2013 10:48
nasi-lenko-130806b.jpg
Kota Cirebon, Jawa Barat, menjadi salah satu tempat persinggahan bagi pemudik yang pulang kampung melalui jalur Pantura. Jika Anda berkesempatan singgah di Kota Wali itu, ada baiknya Anda mencicipi makanan khas disana seperti nasi jamblang hingga nasi lengko untuk memanjakan lidah.

Nasi lengko merupakan nasi yang dicampur dengan tahu, tempe, toge, timun, bawang, kucai, lalu diberi kecap dan bumbu kacang. Kemudian, semuanya diaduk sampai rata. Hmmm tentu terasa lezat.

Biasanya nasi lengko akan lebih lengkap bila dipadukan dengan sate kambing. Nah, untuk kuliner khas Cirebon itu disajikan istimewa di warung nasi lengko Haji Barno yang terletak di Jalan Suryanegara (dulu Jalan Pagongan 15b). Bila Anda melintasi warung tersebut, maka hidung Anda akan mencium lezatnya Nasi Lengko yang disajikan dengan sate kambing.

"Nasi Lengko itu makanan ciri khas Cirebon. Kalau datang ke mari, rugi kalau tidak cicipi Nasi Lengko," kata pemilik Warung Nasi Lengko Haji Barno, Yayah Rukiyah di Cirebon, Selasa (6/8/2013).

Yayah menuturkan resep Nasi Lengko buatannya sudah turun temurun di keluarga. "Sudah 40 tahun resepnya," ujarnya.

Untuk menikmati sedapnya makanan ini, uang yang harus dikeluarkan pun tidak mahal. "Untuk Nasi Lengko cuma Rp 8 ribu. Kalau tambah sate kambing, jadi Rp 20 ribu," imbuh Yayah. (Adi)

Credits: Adi

 

SHARE
COMMENTS