Sukses

Sopir Bajaj Kompak Mudik Bawa Bajaj

"Ini memang rutin dari tahun ke tahun. Daripada naik kendaraan umum dengan uang terbatas, mereka milih naik bajaj," kata sopi bajaj Rustam.

Demi bisa pulang kampung untuk berlebaran bersama keluarga dengan dana yang minim, sejumlah sopir bajaj kompak mudik bersama dengan mengendarai bajaj kesayangan mereka. Seperti halnya yang dilakukan pengemudi bajaj yang biasa mangkal di Radio Dalam, Jakarta Selatan.

Rustam (39), sopir sekaligus pengusaha bajaj menutukan dirinya bersama sejumlah rekan-rekannya akan mudik bersama dengan mengendarai bajajnya masing-masing.

"Yang pulang bawa bajaj itu banyak, semalam saja ada 10 unit bajaj dibawa mudik untuk tujuan Banjarnegara, Jawa Tengah. Nah, malam ini ada 6 unit yang bawa bajaj. Tujuan Solo 1 orang, dan 5 lainnya untuk tujuan Cirebon," kata Rustam di Radio Dalam, Jakarta Selatan, Senin (5/8/2013).

Rustam menuturkan fenomena mudik bersama para sopir bajaj dengan membawa kendaraan roda tiga berwarna oranye itu memang rutin setiap tahun. Hal tersebut dilakukan untuk menghemat pengeluaran selama perjalanan. Terlebihm setiap Lebaran ongkos angkutan umum selalu naik hampir 2 kali lipat dari harga biasa.

"Ini memang sudah rutin dari tahun ke tahun. Dan memang daripada naik kendaraan umum dengan uang terbatas, mereka milih naik bajaj. Apalagi mereka sudah tahu seluk beluk bajajnya masing-masing," imbuh Rustam.

Rencananya, mereka akan berkumpul di kawasan Velbak, Jakarta Selatan sebelum berangkat bersama-sama. Jarak tempuh dari Jakarta menuju Cirebon dengan membawa bajaj itu akan memakan waktu sekitar 13 jam.

"Dan sudah dari seminggu kemarin mereka service bajajnya untuk dibawa pulang kampung. Jadi di jalan nggak ada masalah yang berarti baik mesin, rem mau pun yang lainnya, dan saat ini mereka sedang menyiapkan barang-barang untuk dibawa serta," tukas Rustam. (Adi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini