Sukses

Jaringan Telekomunikasi untuk Pemudik Kereta Api Dipastikan Aman

BRTI mencatat, semua operator yang beroperasi di sepanjang jalur kereta api mampu beroperasi dengan baik

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1438H, Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) melakukan uji petik untuk memastikan kesiapan jaringan operator telekomunikasi. Kali ini, pengujian dilakukan di sepanjang jalur kereta api di Jawa, baik jalur utara maupun jalur selatan.

Pengujian jaringan telekomunikasi dilakukan pada empat hal antara lain uji kualitas layanan telepon, uji kualitas layanan SMS, uji kualitas layanan mobile internet, dan uji kualitas cakupan mobilitas.

Adapun pengujian ini dilakukan dengan metode drive test di jalur kereta api selatan (Jakarta-Bandung dan Surabaya-Bandung) dan jalur kereta api utara (Jakarta-Surabaya). Hasilnya, kualitas jaringan seluruh operator yang beroperasi di sepanjang jalur kereta secara keseluruhan menunjukkan hasil yang baik.

BRTI mencatat, semua hasil uji menunjukkan pencapaian di atas target yang diharapkan untuk mampu melayani masyarakat dengan baik. Karenanya, dapat dipastikan jaringan telekomunikasi seluler di sepanjang jalur kereta api utara dan selatan siap melayani arus mudik, lebaran, dan arus balik 2017.

Namun BRTI tetap meminta agar operator seluler terus berusaha maksimal untuk melakukan optimasi jaringan, peningkatan kapasitas, atau hal lain yang diperlukan untuk mendukung kinerja jaringan dan layanan.

"Melalui pengujian jaringan maupun fasilitas pendukung itu diharapkan performa jaringan dapat terpantau dengan baik, sehingga operator telekomunikasi mampu melayani pelanggan dengan tetap memenuhi kriteria yang disiapkan, terutama mengantisipasi peningkatan dan pergerakan trafik," ujar Komisioner BRTI, M Imam Nashiruddin dalam keterangan tertulisnya, Jumat (23/6/2017).

Selain jalur kereta api, pengujian dilakukan juga ke jalur barat, yaitu Jakarta menuju Lampung dan jalur timur, serta Jakarta menuju Semarang. Pemantauan juga dilakukan di kota tujuan mudik nasional, yaitu Bandung, Surabaya, Medan, dan Padang.

BRTI juga mengunjungi operator seluler dan operator telekomunikasi lainnya untuk mengecek fasilitas pendukung, misalnya call center, distribusi voucher, network operation center (command center), dan disaster recovery management.

(Dam/Cas)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.