Sukses

Pakai Aplikasi Ini buat Tahu Arah Kiblat Saat Mudik

Aplikasi ini dibuat karena dilatarbelakangi orang-orang muslim yang kesulitan mencari arah kiblat melalui situs atau aplikasi serta doa

Liputan6.com, Jakarta Salat menjadi satu hal yang tak boleh ditinggalkan dengan alasan apapun. Terkadang, bila sedang di perjalanan sulit menentukan arah kiblat untuk salat.

Namun Anda tak perlu khawatir, sebab kini dengan kecanggihan teknologi hal itu tidak sulit lagi.

Google meluncurkan aplikasi Qibla Finder untuk memudahkan umat muslim menemukan arah kiblat selama perjalanan mudik. Meski sudah ada sejumlah aplikasi serupa, aplikasi ini diklaim lebih mudah diakses melalui laman pencarian di komputer atau ponsel.

Seperti diberitakan Huffingtonpost, Manajer Pemasaran Google untuk Timur Tengah dan Afrika, Najeeb Jarrar mengatakan, aplikasi ini dibuat karena dilatarbelakangi orang-orang muslim yang kesulitan mencari arah kiblat melalui situs atau aplikasi serta doa yang benar.

"Dengan bantuan 'kompas', pengguna akan jauh lebih mudah mengetahui arah kiblat," katanya.

Najeeb mengatakan, pengguna hanya perlu mengunjungi laman qiblafinder.withgoogle.com untuk mengakses lokasi melalui ponsel. Setelah itu, pengguna bisa melihat emoji Kakbah.

"Begitu menghadap ke arah yang benar, akan ada garis biru terang muncul di layar dan Google akan memperbesar gambar Kakbah," ujarnya.

Najeeb mengatakan, ini semua adalah bagian dari paket layanan yang disediakan Google untuk membantu umat Islam merayakan Ramadan.

Bersama dengan Qibla Finder, Google juga telah menguratori daftar vloggers muslim populer di YouTube dan serangkaian stiker Ramadan untuk Google Allo, aplikasi mobile instant messaging yang akan menemani orang-orang yang sedang mudik. 

 

Simak video menarik berikut ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.