Sukses

Hindari Jalur Ini Saat Mudik ke Cianjur

Jalur alternatif Cibarusah-Weninggalih belum bisa dilalui secara optimal.

Liputan6.com, Bogor - Pemerintah Kabupaten Bogor menyatakan jalur alternatif Cibarusah-Weninggalih belum bisa dilalui secara optimal oleh pemudik pada Lebaran tahun ini.

Sebab, jalan penghubung Bekasi-Jonggol-Cianjur sebagai pengganti akses Jembatan Cipamingkis yang ambles itu masih dalam perbaikan.

"Perbaikan jalan masih lama," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor, Adang Suptandar, Kamis 15 Juni 2017.

Pengerjaan jalan alternatif Cibarusah-Jonggol ditargetkan rampung tiga bulan mendatang. Kontruksi jalan sepanjang 2 kilometer ini hanya berupa pengerasan jalan dengan batu dan pasir.

Karena itu, arus mudik di Jalur Jonggol kali ini belum bisa dilalui secara optimal.

"Jadi sebaiknya jika akan ke Cianjur hindari jalur Jonggol, gunakan jalur Puncak," kata dia.

Sejak Jembatan Ciampingkis amblas, jalur Cibarusah-Weninggalih dijadikan jalan alternatif menuju Jonggol maupun Cianjur.

"Jalan itu rusak parah karena sering dilalui truk juga, padahal itu jalan desa," kata dia.

Sementara, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bogor, Syarifah Sofiah menambahkan, perbaikan jalur alternatif yang menjadi penghubung Bekasi-Jonggol-Cianjur ini bersifat sementara sehingga belum bisa dilalui secara maksimal.

"Hanya berupa lapisan penetrasi dengan ketebalan 25 sentimeter," kata Syarifah.

Perbaikan juga tidak dilakukan secara menyeluruh. Dari sekitar 2,9 kilometer total panjang jalan alternatif Cibarusah, hanya 2 Kilometer yang diperbaiki.

"Dana diambil dari pos anggaran tanggap darurat bencana Rp 970 juta," kata dia.



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.