Sukses

Pemudik dengan Kereta Bakal Diawasi Kamera Saat Makan

PT KAI bakal menambah kamera CCTV di gerbong kereta makan.

Liputan6.com, Cirebon - Sejumlah persiapan terus dilakukan PT KAI menyambut pemudik pada arus mudik Lebaran 2017. PT KAI Daops 3 Cirebon sengaja menambahkan kamera CCTV di tujuh kereta makan yang dikelola Daops 3 Cirebon.

"Saat ini baru dipasang di tujuh kereta makan. Ke depan akan terus ditambah sebagai upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat," kata Manajer Humas Daops 3 Cirebon Krisbiyantoro usai mengecek perawatan rutin kereta di Depo Daop 3 Cirebon, Senin, 12 Juni 2017.

Dia mengaku sudah memetakan masalah untuk mengantisipasi kerawanan selama arus mudik hingga arus balik Lebaran 2017. Sebanyak 79 kereta milik Daop 3 Cirebon dinyatakan siap beroperasi untuk angkutan Lebaran.

Menurut dia, perawatan periodik terus dilakukan secara berkala untuk memastikan kesiapan kereta. Mulai dari penggantian pelumas, penyetelan ulang, pengecekan diameter roda dan lainnya.

Dia menyebutkan, ada tiga program pemeliharaan rutin kereta, yakni perawatan tiga bulanan, enam bulanan dan tahunan.

"Setiap program pemeliharaan berbeda-beda. Kalau program tahunan atau P12 itu lebih detail. Fokusnya lebih kepada bagian bodi rangka bawah," ujar dia.

Dia mengatakan, pengecekan pengereman pun menjadi hal penting lainnya. Setiap harinya, kondisi rem kereta dicek di emplasemen stasiun.

"Saat ini sudah delapan kereta dilakukan penggantian roda karena diameternya sudah kecil. Satu kompresor AC di kereta eksekutif dan dua AC split di kereta bisnis sudah diganti. Ini untuk memberi kenyamanan pada penumpang kereta," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini