Sukses

Geospasial Luncurkan Peta Mudik Lebaran 2017

Kepala Geospasial Hasanudin Z Abidin mengatakan, peta yang dikeluarkan BIG lebih lengkap dibanding peta sebelumnya.

Liputan6.com, Bogor - Badan Informasi Geospasial (BIG) bekerja sama dengan Korp Lalu Lintas (Korlantas) Mabes Polri dan Institut Teknologi Nasional (Itenas), meluncurkan peta jalur mudik 2017 di LIPI, Cibinong, Kabupaten Bogor.

Kepala Geospasial Hasanudin Z Abidin mengatakan, peta yang dikeluarkan BIG lebih lengkap dibanding peta yang pernah dikeluarkan sebelumnya.

"Peta mudik ini keluaran terbaru dan informasinya akurat," kata Hasanudin, Bogor 7 Juni 2017.

Peta tersebut akan menjadi acuan para pemudik di Pulau Jawa untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan selama dalam perjalanan. Misalnya, rumah sakit, rest area, dealer, SPBU hingga pos polisi.

"Karena setiap tahun ada perubahan objek termasuk penambahan jalan alternatif maupun tol, jadi perlu ada peta baru," ungkap Hasanudin.

Hasanudin menyebutkan, peta mudik 2017 ini akan disebarkan mulai H-10 Hari Raya Idul Fitri. Rencananya, peta tersebut dibagikan melalui petugas di pintu tol dan tempat lainnya.

"Namun kami belum tahu berapa lembar peta mudik yang akan disebarkan itu karena masih dihitung," ucap Hasanudin.

Kasubag Analisis Pengembangan Sistim Teknologi Kakorlantas Mabes Polri AKBP Ronal Rumondor menambahkan, peta mudik akan sangat membantu masyarakat yang akan mudik Lebaran. Sebab terdapat informasi yang menyangkut yang dibutuhkan dalam perjalanan mudik.

"Peta ini akan menjadi acuan pemudik, sehingga sangat membantu kepolisian menginformasikan jalur mudik," terang Ronal.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.