Sukses

Saat Ramadan Orang Indonesia Belanja Online hingga Rp 5 Juta

Menurut studi yang dilakukan e-Commerce ShopBack, orang Indonesia akan mengalokasikan Rp 500 ribu-Rp 5 juta untuk belanja online.

Liputan6.com, Jakarta - Situs e-Commerce ShopBack baru-baru ini menggelar sebuah studi tentang perilaku konsumen berbelanja online pada momen Ramadan dan Lebaran. Salah satu temuan yang disoroti kali ini adalah sebagian besar konsumen mengalokasikan hingga Rp 5 juta untuk belanja online.

Dalam keterangan resmi kepada Tekno Liputan6.com, Country General Manager ShopBack Indonesia, Indra Yonathan menyebutkan sebanyak 64,6 persen konsumen akan mengalokasikan Rp 500 ribu-Rp 5 juta untuk belanja online. Sisanya 34,4 persen dihabiskan untuk belanja online dengan budget Rp 100 ribu-Rp 499 ribu.

Khusus penggunaan Tunjangan Hari Raya (THR), sebanyak 40,6 persen responden akan memakai 51 persen dari THR-nya.

"Studi kami tentang perilaku dan minat belanja konsumen Indonesia saat Ramadan dan menjelang Lebaran menjadi wujud dari komitmen kami, terutama membantu para mitra kami untuk menghadirkan layanan dan promosi yang tepat bagi konsumen, dan mengedukasi mereka untuk memiliki budaya belanja yang baik," jelas Indra.

Temuan menarik lainnya adalah promo belanja online menjelang Lebaran tak hanya dinantikan oleh konsumen muslim, tetapi juga konsumen non-muslim. Survei ShopBack mencatat, sebanyak 97,7 persen konsumen non-muslim mengaku berminat dan akan berpartisipasi dalam promo yang diselenggarakan e-Commerce.

Soal waktu berbelanja online, sebagian besar atau 56,1 persen responden mengaku melakukannya menjelang buka puasa. Hanya 37 persen responden yang mengaku suka berbelanja online di waktu sahur atau sekitar subuh. 

Adapun kategori produk yang paling diminati konsumen online adalah fashion (81,9%), diikuti elektronik (43,1%), makanan (40,7%), perabot rumah tangga (33,8%), bahan makanan (32,4%), dan travel (31,9%).

"Produk-produk yang diminati rata-rata adalah produk yang pendanaannya tidak diambil dari alokasi budget harian. Kami melihat konsumen benar-benar akan memanfaatkan promo istimewa pada Ramadan untuk mendapatkan produk-produk impiannya,” tuturnya.

"Untuk itu, melalui program ShopBack Gebyar Ramadan Online, kami harap dapat memenuhi beragam kebutuhan yang diperlukan dengan penghematan seefisien mungkin," lanjut Indra.

Ia mengungkap bahwa pada Ramadan tahun ini, ShopBack menggelar Gebyar Ramadhan Online dengan melibatkan lebih dari 150 toko online yang menawarkan cashback hingga 90 persen, 1001 item flash sale, serta lebih dari 50 kode voucher potongan hingga Rp 500 ribu.

(Cas/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.