Sukses

Ini yang Paling Banyak Dicari Netizen di Google Selama Ramadan

Apa saja yang paling banyak dicari netizen di Google sepanjang bulan puasa?

Liputan6.com, Jakarta - Seperti yang dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya, Google kembali merilis laporan seputar kata kunci yang paling banyak digunakan oleh netizen di mesin pencarinya menjelang dan selama bulan suci Ramadan.

Menariknya, meski puasa baru dimulai beberapa hari, netizen di Indonesia sudah lebih dulu mencari resep kue lebaran.

Resep kue lebaran adalah salah satu kata kunci terpopuler yang dirangkum oleh Google Trends. Diungkap Veronica Utami selaku Head of Marketing Google Indonesia, daftar kata kunci terpopuler terkait Ramadan dilakukan netizen di sepanjang pekan terakhir bulan Mei.

Tak hanya itu, menariknya lagi, penyanyi religi Maher Zain juga paling banyak dicari. Selain Maher Zein, netizen juga banyak mencari dengan kata kunci menu buka puasa, arah kiblat, lagu Ramadan, dan tempat ngabuburit.

Menurut Veronica, jumlah pencarian yang dilakukan netizen selama Ramadan selalu meningkat. Tercatat, peningkatan pencarian via mesin pencari Google bisa mencapai 63 persen dari 2015.

"Dari semua keyword yang digunakan, bisa disimpulkan bahwa netizen di Tanah Air ternyata ingin menjadi manusia yang lebih baik di sepanjang Ramadan," kata Veronica dalam sesi presentasi program #GoogleTemanRamadan di Rumah Imam Bonjol, Jakarta, Senin (29/5/2017).

"Kita bisa lihat, pencarian jadwal sholat dan puasa itu bisa meningkat 10 kali ketimbang hari biasa. Selain itu, pencarian seputar infaq, shodaqoh, dan zakat juga melonjak lima kali," ia melanjutkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Makanan yang Paling Banyak Dicari

Makanan Juga Paling Banyak Dicari

Netizen ternyata juga sering mencari seputar makanan. Mereka mencari resep menu berbuka dan sahur. Bahkan, mereka pun kerap mencari informasi seputar tempat untuk berbuka bersama.


Selain makanan, netizen juga mengulur waktu ngabuburit dengan menonton YouTube. Karenanya, konsumsi menonton YouTube di Ramadan terus meningkat. Dan selain itu, kebiasaan menonton mereka kali ini agak berbeda dari yang sudah-sudah.

"Banyak yang sahur sambil nonton YouTube. Ini terus meningkat, puncaknya terjadi pada pukul 11 siang. Nah, pas siangnya sebagai ganti waktu makan siang, mereka memilih nonton YouTube,” imbuhnya.

Terkait konten apa yang paling banyak ditonton, Veronica mengungkap adalah konten musik dan komedi. Namun, ada juga beberapa konten yang mengalami peningkatan signifikan, seperti resep makanan, kecantikan, dan lifestyle.

"Banyak juga yang mencari kecantikan dan lifestyle, seperti tutorial hijab karena ini sangat diminati saat Ramadan," pungkas Veronica.

(Jek/Cas)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.