Sukses

MUI Larang Sweeping Selama Ramadan

Warga hendaknya dapat saling menghormati dan menjaga toleransi dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Liputan6.com, Jakarta - Majelis Ulama Indonesia (MUI) melarang tindakan main hakim sendiri dengan melakukan sweeping warung makan atau lokasi hiburan yang tetap beroperasi selama bulan Ramadan.

Wakil Ketua Umum MUI Zainut Tauhid mengatakan, hendaknya sesama masyarakat dapat saling menghormati dan menjaga toleransi dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

"Besok menjalankan puasa Ramadan, harusnya saling menghormati yang puasa begitu juga dengan umat agama lainnya. Ini merupakan satu kebiasaan yang telah dijalankan oleh bangsa Indonesia saat puasa," ucap Zainut di kantor MUI, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Jumat (26/5/2017).

Karena itu, kata dia, hal tersebut bukanlah sesuatu yang harus dipermasalahkan dengan adanya sweeping. "Jadi bukan malah dipertentangkan lagi hal seperti itu," tegas Zainur.

Pemerintah melalui Kementerian Agama menetapkan awal Ramadan 1438 Hijriah/2017 pada Sabtu 27 Mei 2017. Keputusan itu diambil setelah pemerintah menggelar sidang isbat.

"Seluruh peserta sidang sepakat bahwa malam ini akan memasuki 1 Ramadan dan karenanya, besok pagi Sabtu 27 Mei 2017 kita akan mengawal puasa di bulan Ramadan tahun ini," kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Proses sidang dimulai pukul 17.00 WIB, diawali pemaparan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama tentang posisi hilal menjelang awal Ramadan 1438H. Sidangnya tertutup, sebagaimana isbat awal Ramadan dan awal Syawal tahun lalu.

Sementara, warga Muhammadiyah dipastikan akan mengawali puasa Ramadan, Sabtu 27 Mei besok. Keputusan tersebut diambil berdasarkan hisab wujudul hilal yang menjadi pedoman ormas tersebut.

"Ramadan 1438 H jatuh pada Sabtu, 27 Mei 2017," ujar Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu'ti, Jakarta, Selasa 14 Maret 2017.

Dia menjelaskan, posisi hilal jelang Ramadan berada pada 7 derajat. Dalam posisi itu, di seluruh wilayah Indonesia saat matahari terbenam, bulan berada di atas ufuk.

Begitu pula dengan penetapan awal Idul Fitri 1 Syawal 1438 H. Dia menegaskan, Lebaran akan jatuh pada 25 Juni 2017. "Tanggal 1 Syawal 1438 jatuh pada Ahad, 25 Juni 2017," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • MUI adalah lembaga independen yang mewadahi para ulama, zuama, dan cendikiawan Islam untuk membimbing, membina, dan mengayomi umat Islam di

    MUI

  • Ramadan adalah bulan suci umat Islam yang dirayakan dengan cara melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.
    Ramadan adalah bulan suci umat Islam yang dirayakan dengan cara melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.

    Ramadan

  • bulan ramadan