Sukses

Takjub, Nenek Ini Fasih Nyanyikan Lagu Indonesia Raya Versi Arab

Nenek itu menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan logat bahasa Arab hingga rampung.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam sebuah tayangan video, seorang nenek terekam tengah menyanyikan lagu dengan ritme lagu Indonesia Raya. Uniknya, lagu tersebut ia nyanyikan dengan logat bahasa Arab.

Meski terbata-bata, nenek itu menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan logat bahasa Arab hingga rampung. Lalu, apa mungkin ada lagu Indonesia Raya versi Arab?

Melansir dari Islami.co, budayawan Agus Sunyoto berpendapat kalau hal tersebut bukanlah sesuatu yang mustahil. Di banyak pesantren, lagu tersebut diajarkan dalam rangka menumbuhkan semangat kebangsaan menuju kemerdekaan.

"Dalam catatan disebutkan bahwa di sekolah Arabic Lager School pada tahun 1936-1942, diam-diam diajarkan lagu Indonesia Raya dalam bahasa Arab," kata Agus yang juga merupakan Ketua Lembaga Kebudayaan Nadhlatul Ulama (Lesbumi) ini.

Ia menambahkan kalau saat itu Belanda tidak lagi ketat untuk mengawasi sekolah mengingat mereka dalam ancaman Jepang. Hal ini menjadi celah bagi sekolah-sekolah untuk mengajarkan lagu kebangsaan meski terkadang dalam bahasa yang berbeda.

Untuk menonton videonya, klik di sini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.