Sukses

4 Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan Bila Tidak Ikut Mudik

Tidak ikut mudik seperti yang lain bukan berarti mati gaya. Empat kegiatan berikut bisa Anda lakukan agar tidak mati gaya

Liputan6.com, Jakarta - Tiap tahunnya hari raya Idul Fitri atau lebaran pasti selalu diwarnai dengan tradisi pulang kampung atau mudik untuk bertemu saudara dan berkumpul bersama keluarga besar. Sebagian orang memanfaatkan momen libur lebaran yang cukup panjang untuk mudik dan berwisata bersama saudara-saudara, tetapi ada juga yang tidak bisa melakukan tradisi ini karena alasan-alasan tertentu.

Bagi kalian yang tidak bisa ikutan mudik, libur lebaran tetap bisa seru jika diisi dengan empat kegiatan seperti berikut ini:

1. Berwisata

Rutinitas di hari biasa mungkin membuat kamu jadi jarang berkumpul dan berpergian bersama anggota keluarga. Di momen libur lebaran seperti ini berwisata bisa dimanfaatkan untuk mengisi hari libur tersebut. Di Jakarta sendiri, sangat banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi, mulai dari Dunia Fantasi (Dufan), Kebun Binatang Ragunan, Museum Kota Tua, hingga Monas.

2. Menikmati jalanan ibukota yang lengang

Hanya ada satu hal yang bisa membuat ibukota Jakarta bebas dari macet, yaitu saat lebaran tiba dan para pendatang mudik ke kampung halamannya masing-masing. Untuk itu, kita bisa memanfaatkan momen ini untuk menikmati jalanan ibukota yang lengang. Mungkin kamu bisa menyusuri jalanan ibukota, memoto jalanan ibukota, ataupun menikmati angkutan umum seperti TransJakarta yang sepi penumpang.

3. Melakukan hobi yang sudah lama terabaikan

Kesibukan saat hari-hari biasa tentunya membuat kamu tidak memiliki cukup waktu yang lebih untuk melakukan hobi atau hal-hal yang kamu sukai. Nah, di libur lebaran yang cukup panjang ini bisa kamu manfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk melakukan hobi tersebut, mungkin dengan menyusun rapi koleksi mainan robot kamu, atau membaca novel kesukaan kamu.

4. Berkumpul bersama keluarga di rumah

Jika ingin berhemat setelah pengeluaran pada bulan Ramadan yang cukup menguras kantong, kamu bisa menghabiskan hari libur lebaran untuk berkumpul bersama keluarga di rumah. Pada hari biasa mungkin kamu tidak memiliki banyak waktu untuk sekedar berkumpul dan berbincang santai dengan keluarga tercinta. Manfaatkanlah libur bersama keluarga dengan melakukan kegiatan bersama seperti menonton, masak, main games seru, karaoke, dan kegiatan seru lainnya yang bisa kamu lakukan di rumah.

Penulis:

Anita Karamina

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.