Sukses

Tips Puasa Sehat untuk Wanita Hamil

Bagi perempuan hamil yang ingin coba berpuasa, sebaiknya terapkan pola makan yang benar ketika sahur, berbuka, serta siapkan camilan malam.

Liputan6.com, Jakarta Wanita hamil tidak diwajibkan berpuasa. Mereka boleh berpuasa bila merasa kuat. Jika tak kuat berpuasa sehari penuh, wanita hamil boleh berbuka. Hukum Islam mengizinkan perempuan hamil untuk tidak berpuasa.

Bagi perempuan hamil yang ingin mencoba berpuasa, sebaiknya terapkan pola makan yang benar ketika sahur, berbuka, serta siapkan camilan di malam hari. Juga pastikan untuk konsultasi lebih dulu ke dokter kandungan atau dokter gizi untuk mengetahui makanan dan minuman apa saja yang boleh dan tak boleh dikonsumsi agar puasa lancar.

Wanita hamil juga perlu menjaga asupan cairan agar tak dehidrasi. Jika kekurangan cairan, denyut jantung wanita hamil menjadi lebih cepat dan membahayakan janin. Salah satu cara mengatasinya yaitu dengan segera berbuka puasa.

Mengutip laman Baby Centre, berikut pola makan yang bisa diterapkan wanita hamil saat berpuasa:

1. Pilih makanan yang melepas energi secara perlahan. Makanan berserat tinggi dan karbohidrat kompleks mencegah wanita hamil sembelit.

2. Hindari konsumsi makanan manis yang meningkatkan gula darah secara cepat. Tapi pastikan Anda gula darah tetap stabil sehingga tidak drop atau pingsan.

3. Kentang atau buncis lebih dianjurkan untuk dikonsumsi dibandingkan makanan berlemak atau olahan.

4. Pastikan cukup mendapat asupan protein dari kacang-kacangan, daging merah atau putih, dan telur. Protein membantu perkembangan janin.

5. Minum 1,5 hingga dua liter air antara senja dan fajar dan hindari minuman berkafein. Teh atau kopi berkafein membuat wanita hamil mudah dehidrasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.