Sukses

Organda Yogya Siapkan 2.245 Angkutan untuk Mudik Lebaran

Menurut Agus, Organda Yogya juga diminta memback up angkutan dari Jakarta dan Sumatera pada 12 Juli 2015 nanti.

Liputan6.com, Yogyakarta - Organisasi Angkutan Darat (Organda) Daerah Istimewa Yogyakarta menyiapkan 2.245 angkutan untuk menghadapi Lebaran 2015.

Ketua Organda Yogyakarta, Agus Andrianto mengatakan, jumlah ini disiapkan agar pemudik tidak kekurangan alat transportasi darat pada Lebaran tahun ini. Penyiapan angkutan ini, ucap Agus, sudah dibahas bersama kru, operator, dan armada angkutan.

Angkutan yang disiapkan terdiri dari 1000 unit taksi, 281 unit angkutan perkotaan, 450 unit angkutan kota antar provinsi (AKAP), 440 unit angkutan kota dalam provinsi (AKDP), dan 74 unit angkutan Trans Yogya.

Pihaknya juga akan menyiapkan bus tambahan sebanyak 740 angkutan. "2.245 angkutan ini sudah kami persiapkan dan sudah kami bahas juga bersama-sama. Paling banyak memang taksi," kata Agus, Selasa (23/6/2015).

Dia menegaskan, jumlah ini cukup untuk memenuhi kebutuhan angkutan Lebaran di dalam kota Yogya. Kecuali jumlah AKAP yang dikhawatirkan tidak sebanding dengan jumlah pemudik.

Kendati demikian, Agus berharap kekurangan tersebut dapat ditutup dari tambahan bus pariwisata yang sudah disiapkan.

Menurut Agus, Organda Yogya juga diminta memback up angkutan dari Jakarta dan Sumatera pada 12 Juli 2015 nanti. Terkait permintaan ini, Agus mengatakan pihaknya akan mengirim back up angkutan tersebut satu minggu sebelum lebaran.

"Permintaannya 12 Juli, jadi satu minggu sebelum lebaran kami akan mengirim back up angkutan pemudik. Itu pas puncaknya arus mudik," tegas dia.

Terkait kenaikan tarif selama Lebaran, Organda Yogyakarta menegaskan, tidak akan ada kenaikan. Kenaikan tarif angkutan hanya pada AKAP sebesar 20 hingga 25 persen. "Kalau yang di dalam kota nggak ada. Hanya khusus angkutan AKAP karena tarif menyesuaikan pasar," ucap Agus. (Sun/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini