Sukses

Lebaran Para Tokoh Politik

Apa yang dilakukan para tokoh politik tenar saat ini, seperti Jokowi dan Prabowo saat hari Lebaran?

Liputan6.com, Jakarta - Oleh: Ahmad Romadoni, Sugeng Triono, Taufiqurrohman, Moch Harun Syah

"Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar. Lailaha illallahu wallahu Akbar. Allahu Akbar Walillahilham," begitu bunyi gema takbir yang dilantunkan umat Muslim saat momen Hari Raya Idul Fitri.

Hari Lebaran menjadi momen penting bagi seluruh orang Islam, tak terkecuali bagi tokoh politik dari PDIP, Joko Widodo. Bagi dia, Lebaran adalah momen untuk bersilaturahmi, sama seperti yang dilakukan insan lainnya.

"Hari kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa, bertemu banyak keluarga, masyarakat, teman-teman, saudara. Senangnya di situ," kata Jokowi yang kini menyandang status presiden terpilih, di kediamannya di Solo, Jawa Tengah, 27 Juli 2014.

Meski terkesan sederhana, bagi Jokowi, bertemu sanak saudara merupakan salah satu hal spesial saat merayakan Lebaran. Maklum saja, rutinitas sebagai Gubernur DKI Jakarta ditambah kesibukan berkampanye sebagai capres banyak menyita waktu.

"Karena rutinitas nggak pernah ketemu keluarga, teman, sahabat," imbuh pria berperawakan kurus tersebut.

Setelah pulang kampung dari Solo pada hari-hari akhir bulan Ramadan, Jokowi memilih kembali ke Jakarta. Dia salat Id bersama para pejabat Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta di Balaikota.

Usai salat Id, Jokowi menggelar open house di Balaikota. Dia menyambut seluruh pejabat dan warga DKI yang hendak bersilaturahmi dengannya.

Kemudian, Pak Gubernur dan sang istri, Iriana, beranjak ke rumah dinasnya di kawasan Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat, dan kembali meluangkan waktu untuk masyarakat yang ingin berjabat tangan tanda bermaaf-maafan.

Pada saat yang bersamaan, mantan Ketua Umum Golkar Jusuf Kalla yang kini berstatus wakil presiden terpilih menggelar open house di kediamannya di Jalan Brawijaya Nomor 6, Jakarta Selatan. Para tamu dijamu dengan masakan khas Makassar, di antaranya coto makassar dan mi titi.

Setelah itu, JK menjemput Jokowi untuk bersilaturahmi ke rumah Megawati Soekarnoputri di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat. Kedua pasang pemimpin terpilih Indonesia itu selanjutnya sowan ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

SBY Sungkem

Lain Jokowi, JK, lain lagi SBY. Presiden ke-6 RI itu beserta keluarganya langsung menuju ke Istana Negara, Jakarta untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriah usai melakukan salat Id di Masjid Istiqlal. SBY sungkem kepada ibunya.

SBY yang mengenakan kemeja bernuansa hijau memulai sungkeman dengan bersimpuh di pangkuan ibundanya Siti Habibah, dan ibunda Ibu Negara, Sunarti Sri Hadiyah yang telah duduk sebelumnya. Lama dia mencium kedua tangan orangtuanya itu.

Lalu disusul Ani Yudhoyono yang memakai kebaya warna hijau. Sungkeman lalu disusul anak kedua SBY, Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas dan istrinya Siti Ruby Aliya Rajasa. Seluruh keluarga SBY mengenakan pakaian bernuansa hijau.

Setelah melakukan ramah tamah dengan keluarga besarnya, SBY juga tidak lupa menyalami wartawan yang hadir di lokasi. "Minal Aidin Walfaizin ya. Maafin kita sekeluarga," ujar SBY mewakili keluarga besarnya di Istana Negara, Jakarta, 28 Juli.

Prosesi sungkeman yang dilakukan keluarga besar SBY ini tanpa dihadiri putra sulungnya Agus Harimurti Yudhoyono dan menantunya Anissa Pohan serta cucunya Aira. Agus Harimurti saat ini tengah menempuh pendidikan di U.S Army Command and General Staff College di Kansas, Amerika Serikat.

Usai beramah-tamah dengan keluarganya, SBY juga melakukan open house bagi masyarakat umum. Ketua Umum Demokrat juga memberikan waktu bagi para pimpinan lembaga negara, duta besar, korps diplomatik, menteri kabinet, panglima TNI, Kapolri, anggota lembaga negara, mantan menteri, gubernur, kepala lembaga pemerintah non-kementerian, serta pejabat TNI dan Polri untuk berkunjung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hadiri Open House



Hadiri Open House

Prabowo Subianto memulai aktivitasnya pada hari Lebaran dengan salat Hari Raya Idul Fitri di masjid yang terletak di Desa Cipambuan, Sentul, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Setelah itu, Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra itu mendatangi acara open house perayaan Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriah yang digelar Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Istana Negara, Jakarta.

Didampingi Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon, Prabowo yang mengenakan baju koko warna putih ini tiba langsung menyalami sejumlah pejabat negara yang juga datang pada acara tersebut.

Selain Prabowo, sejumlah tokoh parpol seperti Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie atau Ical, Bendahara Umum Partai Golkar Setya Novanto, dan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar.

Prabowo selanjutnya menyambangi rumah Ketua Umum Partai Golkar yang juga menjadi mitra koalisi dalam Pilpres 2014, Aburizal Bakrie (Ical) di Menteng, Jakarta Pusat. Mantan Danjen Kopassus itu sempat berfoto bersama anggota keluarga Ical.

Terakhir, Prabowo mendatangi Rumah Polonia, Jakarta Timur, tempat yang menjadi markas pemenangan dirinya dengan Hatta Rajasa pada Pilpres 2014. Kedatangan Prabowo disambut puluhan relawan. Namun jumlah simpatisan tak seperti biasanya yang kerap mencapai ratusan orang. Sejumlah pendukung rupanya sudah pulang.

Dalam kesempatan tersebut, Prabowo menyampaikan sejumlah harapannya saat berpidato di Rumah Polonia. Dia mengutarakan rasa terima kasih banyak atas loyalitas relawannya yang masih setia menunggunya dari pagi hingga sore.

"Semoga tahun yang akan datang kita diberikan kebaikan oleh Allah SWT dan direstui perjuangan dan cita-cita kita dan saya ucapkan terima kasih atas dedikasi dan loyalitas saudara-saudara sekalian. Sekali lagi mohon maaf lahir dan batin," ucap Prabowo.

Bagi-bagi Buku

Sementara, Hatta Rajasa, cawapres pendamping Prabowo, melaksanakan salat Hari Raya Idul Fitri di Masjid Nurul Afiah RSUP Fatmawati, Jakarta Selatan. Setelah itu, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu menggelar open house di kediamannya, di Perumahan Fatmawati Golf Mansion, Jakarta Selatan.

"Ya hanya kerabat, sahabat, dan tetangga," ujar Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) itu di kediamannya, Senin (28/7/2014).

Menurut Hatta, di antara sahabatnya yang berkunjung adalah mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Adhyaksa Dault, Menteri Kesehatan (Menkes) Nafsiah Mboi, Jubir Tim Pemenangan Prabowo-Hatta Marwah Daud Ibrahim, serta Wakil Ketua Umum Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Anindya Bakrie, serta teman-temannya di industri energi.

"Teman-teman saja, tadi pagi juga ada Pak Adhyaksa Dault," ujarnya.

Mantan Menteri Koordinator Perekonomian ini terlihat santai dengan batik berwarna coklat, dan sesekali berbincang-bincang akrab dengan sejumlah tamu-tamunya sembari menikmati hidangan yang disediakan.

Selain itu, Hatta juga menyediakan buku biografinya yang berjudul Hatta di Mata Mereka secara cuma-cuma kepada para tamu. Tak luput tamu yang datang pun meminta tanda tangan Hatta di buku tersebut dan meminta foto bersama dengan Hatta dan istri Hatta, Okke Rajasa.

Baca juga:

Apa Pesan SBY untuk Jokowi-JK Saat Open House di Istana?

Prabowo Sowan ke Jokowi?

Tak Ingin Putuskan Tali Silaturahmi, Hatta Bakal Sambangi Jokowi

(Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini