Sukses

Asyiknya Mudik Saat Lebaran

Bus-bus yang datang dan berangkat di Terminal Kampung Rambutan kebanyakan bus jarak dekat di wilayah Jawa Barat dan Banten.

Liputan6.com, Jakarta Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, masih ramai didatangi oleh pemudik pada hari pertama perayaan Idul Fitri 1435 H.

Ratusan pemudik masih mendatangi Terminal Bus Antar Kota Kampung Rambutan mulai pukul 09.00 WIB atau selepas salat Idul Fitri.

Alasan pemudik memilih hari H Lebaran untuk pulang ke kampung halaman karena pertimbangan kondisi lalu lintas yang lebih lengang. Lebih asyik.

"Karena lebih lengang saja, justru pada hari Lebaran jalanan mulai lancar," kata pemudik tujuan Tasik, Dadan Hamdani. Ia juga mengatakan selalu pulang ke kampung halaman pada hari Lebaran setiap tahunnya.

Begitu juga dengan pemudik tujuan Yogyakarta Maryono yang memang pulang ke kampung halaman pada hari pertama Idul Fitri setiap tahun. "Setiap tahun pulangnya memang pas Lebaran, kalau macet sudah biasa," kata dia.

Berdasarkan keterangan Wakil Komandan Regu Dinas Perhubungan Terminal Antar Kota Kampung Rambutan Marojahan Tampubolon, aktivitas bus di Terminal Kampung Rambutan lebih didominasi oleh rute jarak dekat.

"Bus-bus yang datang dan berangkat kebanyakan bus jarak dekat di wilayah Jawa Barat dan Banten seperti Bogor, Sukabumi, Garut, Tasik, Bandung, dan Merak," katanya. Sedangkan bus yang bertujuan ke wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur lebih sedikit.

Tampubolon juga mengatakan sampai saat ini persediaan bus ke berbagai kota dan wilayah masih tersedia. Namun apabila persediaan bus mulai kurang, pihak terminal sudah mempersiapkan bus tambahan.

"Sampai sekarang bus reguler masih lengkap. Tapi untuk antisipasi, kami sudah siapkan bus pariwisata dari berbagai PO bus untuk bantuan apabila bus reguler habis," kata dia.

Tampubolon mengatakan jumlah pemudik pada hari pertama Lebaran memang lebih sedikit dibandingkan hari-hari sebelum Lebaran. (Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.