Sukses

Tradisi Unik, Balon Raksasa Dilepas Saat Lebaran

Tradisi unik setiap Lebaran ini sudah berjalan sejak tahun 1998 silam. Tradisi tersebut dilakukan sesudah salat Idul Fitri.

Liputan6.com, Kulon progo - Ada tradisi unik yang dilakukan warga Dusun Paingan, Desa Sendangsari, Kecamatan Pengasih, Kulon Progo, Yogyakarta setiap merayakan Lebaran. Setelah menunaikan salat Id, warga langsung berkumpul di depan pelataran makam untuk menerbangkan balon udara raksasa.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Senin (28/7/2014), balon yang terbuat dari plastik tipis itu berukuran sangat besar dengan tinggi mencapai 10 meter dan garis tengah mencapai 4 meter.

Balon raksasa kemudian diterbangkan dengan asap yang berasal dari gulungan kain goni yang dibakar. Gulungan karung goni yang menjadi bahan bakar itu sebelumnya direndam ke dalam minyak tanah agar bisa menyala lebih lama.

Tradisi unik setiap Lebaran ini sudah berjalan sejak tahun 1998 silam. Pembuatannya pun dilakukan dengan cara swadaya dari warga.

Tradisi menerbangkan balon ke udara ini sebagai simbol melepas segala kesalahan dan kembali ke fitri setelah saling bermaaf-maafan. Usai menerbangkan balon, warga kemudian ziarah kubur di makam tersebut.

Baca juga:

Perang Meriam Karbit Meriahkan Malam Lebaran di Pontianak

Kampanye Kebersihan Mudik, Model Cantik Cuci Kereta Api

Kisah Sedih Para Lansia Habiskan Lebaran Tanpa Keluarga

(Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini