Sukses

Astronom: Di Pelabuhan Ratu Hilal 3,67 Derajat, 1 Syawal Senin

Dari 114 tempat pemantauan hilal yang tersebar di Indonesia, sudah ada 1 tempat yang menunjukan hilal dengan ketinggian cukup.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Agama menggelar sidang isbat untuk menentukan jatuhnya 1 Syawal 1435 Hijriah atau Hari Raya Idul Fitri. Bertempat di Gedung Kementerian Agama di MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kemenag mengundang Ketua Majelis Ulama Indonesia, duta besar dan juga pimpinan ormas islam.

Dalam gelaran sidang isbat Minggu (27/7/2014) petang ini, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan para undangan tengah mendengarkan masukan dari salah satu anggota hisab dari planetarium, Cecep Nurwendaya. Cecep memantau dari aspek astronomi.

Menurut Cecep, dari 114 tempat pemantauan hilal yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, sudah ada 1 tempat yang menunjukan hilal dengan ketinggian cukup positif. Dan itu terdapat di Pelabuhan Ratu, Sukabumi dengan umur hilal 12 jam lebih 11 menit.

"Di Pelabuhan Ratu 3,67 derajat. Sesuai dengan kriteria, awal bulan ditetapkan secara hisab dan awal Syawal jatuh pada hari Senin 28 Juli 2014," papar Cecep di Kemenag, Jakarta.

Cecep menegaskan, posisi bulan kini sudah cukup atau sudah maksimal berada di atas 2 derajat. Dan negara Indonesia termasuk dalam posisi yang menguntungkan saat ini karena berada di selatan tenggelamnya bulan. Dengan begitu hilal bisa lebih tampak jelas.

"Kedudukan hilal di Indonesia pada pukul 05.43 WIB di seluruh wilayah Indonesia, ijtima sudah terjadi. Ketinggian hilal 2-3,5 di seluruh Indonesia. Bahwa ketinggian hilal di Pelabuhan Ratu, Sukabumi tinggi hilalnya sudah 3,67 derajat dengan umur 12 jam 11 menit. Bulan yang menghadap matahari itulah hilal," jelas Cecep.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Ramadan adalah bulan suci umat Islam yang dirayakan dengan cara melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.
    Ramadan adalah bulan suci umat Islam yang dirayakan dengan cara melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.

    Ramadan

  • Sidang penetapan dalil syar'i di hadapan hakim dalam suatu majelis untuk menetapkan suatu kebenaran atau peristiwa yang terjadi.
    Sidang penetapan dalil syar'i di hadapan hakim dalam suatu majelis untuk menetapkan suatu kebenaran atau peristiwa yang terjadi.

    Sidang Isbat

  • 1 Syawal