Sukses

Perbaikan Jembatan Cibaruyan Belum Kelar, Macet Kian Panjang

Diperkirakan pembuatan jembatan darurat Cibaruyan oleh Kementerian Pekerjaan Umum (PU) akan selesai Sabtu 26 Juli pagi.

Liputan6.com, Tasikmalaya - Kondisi Jembatan Cibaruyan yang berada di Cihaur, Beuti, Ciamis, Jawa Barat, masih belum selesai dikerjakan. Perbaikan yang dilakukan adalah dengan memasang bronjong di bagian pondasi yang roboh, serta pengurukan batu-batu besar untuk memperkokoh pondasi jembatan.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Jumat (25/7/2014), sementara pemasangan jembatan darurat terus dilakukan. Dari rencana 60 meter telah terpasang hingga 47 meter.

Diperkirakan pembuatan jembatan darurat oleh Kementerian Pekerjaan Umum (PU) akan selesai Sabtu 26 Juli pagi, sehingga siang harinya jembatan sudah bisa dilalui kendaraan.

Akibat belum selesainya pembuatan jembatan darurat, kemacetan panjang terjadi di jalur selatan hingga Jumat malam.

Sementara Jalur Nagreg, Kadungora, Garut, Jawa Barat, masih diwarnai kemacetan. Antrean panjang kendaraan terjadi hingga 8 kilometer dari pertigaan Cihuni sampai kawasan Tarogong.

Kondisi itu disebabkan karena pengalihan arus kendaraan dari Jalur Limbangan, karena terjadi penumpukan kendaraan di Tasikmalaya imbas ambrolnya Jembatan Cihaur, Beuti, Ciamis.

Untuk mengurai kemacetan polisi berlakukan sistem buka tutup. Setiap 15-20 menit arus kendaraan dari arah Garut ditahan agar kemacetan arus kendaraan dari arah Nagreg bisa terurai.

Dari catatan penghitungan manual yang dilakukan oleh petugas Dinas Perhubungan Garut, di Jalur Gagreg, Kadungora tercatat sekitar 1.500 kendaraan telah melintasi jalur itu pada H-3 arus mudik. (Ali)

Baca juga:

H-3, 100 Ribu Lebih Kendaraan Melintasi Tol Jakarta-Cikampek

Pemudik Bisa Gunakan Jembatan Cibaruyan Ciamis Besok

Cikampek Padat, Kendaraan Dialihkan ke Sadang

Cikampek Padat, Kendaraan Dialihkan ke Sadang
Cikampek Padat, Kendaraan Dialihkan ke Sadang

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.