Rumah di Jawa Barat Lebih Banyak Dicari Daripada Jakarta

Oleh Wahyu Ardiyanto pada 06 Feb 2018, 10:57 WIB
20180206-rumah-Jawa-Barat-favorit-ketimbang Jakarta

Liputan6.com, Jakarta Tahun lalu, hasil riset Rumah.com Property Affordability Sentiment Index menyebutkan bahwa Jakarta dan Tangerang menjadi lokasi favorit para pencari hunian di Indonesia. Namun kali ini ada yang menarik, bahwa Jawa Barat kini mulai menggoyang posisi kedua kawasan tersebut.

Baca juga: Intip Pilihan Hunian Dekat Sekolah Favorit

Ya, berdasarkan Laporan Wilayah Pencarian Favorit Pengunjung Rumah.com yang diolah berdasarkan survei tahunan Rumah.com yang bekerjasama dengan lembaga riset Intuit Research, Singapura, dengan total 1.030 responden pada bulan November-Desember 2017, bahwa terjadi perubahan peringkat pada lokasi pencarian favorit.

Lagi cari rumah? Manfaatkan review properti yang dipersembahkan Rumah.com untuk mendapatkan ulasan dan analisis yang mendalam dan obyektif untuk perumahannya.

Hasil lengkapnya, untuk wilayah favorit properti dijual, pada segmen apartemen dan kondominium DKI Jakarta menjadi wilayah favorit yang kemudian disusul oleh Jawa Barat. Namun untuk rumah dan tanah, Jawa Barat yang menjadi pemuncak sebagai wilayah pencarian favorit.

Untuk proporsi pencarian properti dijual di Rumah.com bulan Mei 2017 untuk segmentasi apartemen tercatat sebanyak 7% sedang pencarian untuk rumah mencapai 93%. Lalu pada Juni 2017 pencarian untuk apartemen 8% sedang untuk rumah 92%. Dan di penghujung 2017 untuk apartemen tercatat 5% sedang untuk pencarian rumah mencapai 95%.

Dan untuk wilayah favorit properti disewa, untuk segmen apartemen, kondominium, rumah, dan tanah, DKI Jakarta tetap menjadi wilayah favorit yang kemudian disusul Jawa Barat di peringkat kedua. Manfaatkan jasa agen properti profesional yang terdapat di Rumah.com yang akan membantu urusan beli atau sewa apartemen Anda.

1 of 2

Hasil Riset Pencarian Properti Favorit di Indonesia

Marine Novita, Country Manager Rumah.com menjelaskan bahwa meski pasar properti menunjukkan tanda-tanda pemulihan tetapi penjual masih memperhatikan daya beli konsumen. Hal ini menunjukkan bahwa pasar properti sedang berada pada fase ‘soft market’.

Meski Jawa Barat menjadi wilayah pencarian favorit untuk rumah dan tanah dijual dan sebagai salah satu penyumbang suplai residensial terbesar, tapi berdasarkan data dari Rumah.com Property Index untuk indeks harganya ternyata mengalami penurunan sebesar 4% secara year-on-year (y-o-y) pada Q4 2017. Sedang area penyuplai residensial populer lainnya seperti DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Tengah menunjukkan pertumbuhan yang relatif stabil.

Bagaimana perkembangan pasar properti di Indonesia di 2017? Baca informasi lengkapnya hanya di Rumah.com.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Lanjutkan Membaca ↓