Banten dan Bogor Punya Pilihan Rumah dengan Akses Mudah

Oleh Wahyu Ardiyanto pada 11 Jan 2018, 20:09 WIB
20180111-Banten dan Bogor punya akses mudah

Liputan6.com, Jakarta Lagi cari-cari rumah? Banten dan Bogor sama-sama punya akses mudah dari dan ke Jakarta, loh! Apalagi jika bujet Anda tipis-tipis karena kedua kawasan ini punya banyak pilihan perumahan baru, dari yang cicilan KPR-nya ringan per bulannya hingga yang bikin geleng-geleng kepala.

Baca juga: Punya Rumah di Bogor Tetap Bisa Santai ke Kantor

Selain Tangerang, Bekasi, dan Depok, Banten dan Bogor memang layak Anda lirik karena kian potensial sebagai lokasi hunian bagi para pekerja komuter. Penasaran apa yang membuat banten dan Bogor sama-sama punya akses mudah? Seperti yang dirangkum dari Rumah.com, berikut penjelasannya.

  • BOGOR

Ada banyak faktor terkait pergerakan harga yang bikin perumahan di Bogor wajib Anda lirik. Misalnya sokongan sektor transportasi yang baik, seperti KRL Jabotabek jurusan Bogor-Jakarta Kota guna mengangkut warga Bogor yang bekerja di Ibukota.

Kawasan ini juga menyimpan potensi besar lewat gencarnya pembangunan infrastruktur yang akan semakin memudahkan akses dari dan menuju Bogor dengan rencana jaringan jalan Bogor Outer Ring Road (BORR), Bogor Inner Ring Road (BIRR), jalan Poros Tengah Timur (jalur Puncak Dua), dan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi).

Cek di sini untuk aneka pilihan perumahan di Bogor dari berbagai kisaran harga

Dari rencana tiga seksi tahapan pembangunan BORR, dua di antaranya kini telah rampung. Begitupula dengan pembangunan infrastruktur kereta ringan (light rail transit/LRT) yang digadang-gadang bakal bikin properti di kawasan Bogor meroket.

Faktor-faktor di atas tadi pada akhirnya membuat pasar hunian residensial di Bogor makin dilirik banyak orang. Apalagi berdasarkan Property Index dari Rumah.com, untuk rumah dengan harga di bawah Rp1 miliar di Bogor sedang turun tipis-tipis dari Q2 hingga Q4 2017.

Tercatat dari Q2 2017 median harga perumahan di bawah Rp1 miliar di Bogor Rp5 juta/meter persegi dan turun sedikit menjadi Rp4,75 juta/meter persegi di Q4 2017. Dan Q2 2017 bisa dibilang puncak median harga mengingat di Q4 2016 hanya Rp4,86 juta/meter persegi.

Namun meski median harga perumahan di bawah Rp1 miliar di Bogor ini tengah turun, ke depannya hunian residensial di Bogor diprediksi akan mengalami peningkatan median harga mengingat beberapa proyek infrastruktur seperti Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) Seksi II malah selesai lebih cepat. Yang tadinya ditargetkan Juni 2018 bisa selesai pada Februari 2018.

1 of 2

Banten dan Bogor Punya Akses Mudah

Simak untungnya beli rumah pakai KPR di sini!

  • BANTEN

Banten juga termasuk kawasan yang tengah bergeliat, apalagi jika Anda menengok kawasan Tangerang Selatan yang kian berkembang pesat. Selain Tangsel, Tangerang juga menjelma sebagai emerging city alias kota berkembang. Berkembang lantaran kinerja ekonomi kotanya berubah secara signifikan dalam 5-10 tahun terakhir.

Temukan di sini untuk aneka pilihan perumahan di Banten dari berbagai kisaran harga

Pasar properti Banten juga berkembang cukup agresif dalam mengakomodasi pertumbuhan sektor bisnis, industri, dan pariwisata. Sektor hotel dan ritel pun telah berkembang secara signifikan baik dari sisi jumlah maupun kualitas pengembangan.

Bicara akses, sangat mudah dari dan menuju kawasan-kawasan di Banten. Sebut saja mulai dari KRL dari Rangkas hingga Tanah Abang, akses Tol Jakarta – Merak. Bahkan berdasarkan data dari Property Index Rumah.com, Investasi di Banten meningkat pada Q2 2017, terutama pada sektor infrastruktur.

Beberapa proyek yang sedang dalam tahap pengerjaan dan pengadaan adalah tol Serang-Panimbang, tol Kunciran-Serpong, tol Serpong-Cinere, dan tol Serpong-Balaraja adalah beberapa faktor kuat pendorong naiknya median harga rumah tapak di bawah Rp1 miliar di Banten.

Data Property Index bahkan mencatat grafik pergerakan kenaikan median harga hunian di Banten seolah tak terbendung. Di mana pada Q4 2016 berada di angka Rp7,81 juta/meter persegi namun memasuki Q4 2017 melonjak menjadi Rp8,33 juta/meter persegi.

Tertarik punya rumah di Banten dan Bogor yang sama-sama punya akses mudah? Atau ada pertimbangan lainnya? Klik di sini untuk perumahan di Depok dengan harga mulai dari Rp500 jutaan sebagai alternatifnya.

Hanya Rumah.com yang Percaya Anda Semua Bisa Punya Rumah

Lanjutkan Membaca ↓