Pertimbangkan Hal Berikut Sebelum Beli Rumah

Oleh Wahyu Ardiyanto pada 08 Jan 2018, 21:09 WIB
20180108-pertimbangan sebelum beli rumah

Liputan6.com, Jakarta Ya, semua orang paham bahwa rumah adalah kebutuhan dasar manusia, sama pentingnya seperti sandang dan pangan. Namun bukan berarti beli rumah bisa sembarangan. Untuk aman dan nyamannya, sebelum beli rumah pertimbangkan juga beberapa hal.

Baca juga: Mau Beli Rumah? Pastikan Lingkungannya Juga Nyaman

Apalagi mengingat membeli rumah bisa jadi merupakan salah satu keputusan terbesar sepanjang hidup Anda. Jadi ada baiknya jangan kelewat bernafsu sehingga terburu-buru. Jadi sebelum beli rumah, pertimbangkan hal seperti yang dirangkum dari Rumah.com berikut ini.

  • Siapkan dana ekstra

Ketika membeli rumah—terutama dengan kredit pemilikan rumah (KPR)—hal pertama yang perlu dipersiapkan adalah uang muka. Harus Anda ketahui, bahwa biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli rumah tak sekadar uang muka, cicilan, dan suku bunga saja.

Jika untuk simulasi cicilan per bulan Anda bisa gunakan kalkulator keterjangkauan. Sedang untuk biaya tambahan seperti biaya appraisal, biaya bank, biaya notaris, dan biaya pajak perlu Anda perhitungkan juga.

  • Kriteria rumah

Tentukan kriteria rumah yang diinginkan sesuai dengan kemampuan keuangan Anda. Pertama, apakah Anda menginginkan rumah dengan akses yang baik atau rumah yang tenang dan bebas polusi? Tentukan prioritas Anda!

Perlu diingat, lokasi yang jauh dari keramaian jangan sampai membuat biaya transportasi Anda dan keluarga membengkak. Dan inilah daftar perumahan dengan akses transportasi mudah ke ibukota dengan harga mulai dari Rp300 jutaan.

1 of 2

Pertimbangan Sebelum Membeli Rumah

  • Proses pembelian rumah

Anda harus tahu bahwa proses pembelian rumah dapat memakan waktu hingga berbulan-bulan. Boleh saja Anda berpikir bahwa telah memenuhi syarat untuk mendapat pinjaman KPR, tetapi hal ini belum tentu berakhir dengan persetujuan bank.

Pihak bank pemberi KPR akan melakukan beberapa tahap, dimulai dari meninjau kemampuan keuangan Anda, termasuk cara Anda menggunakan uang sehari-hari, yang bisa diketahui dari penggunaan kartu ATM atau kartu kredit yang mungkin Anda miliki.

Mau KPR cepat lunas? Simak caranya di sini:

Ada baiknya jika di masa peninjauan ini Anda berhati-hati dalam membelanjakan uang dengan mengurangi pengeluaran dan tidak berutang untuk membeli barang yang tergolong mahal, seperti kendaraan atau menyewa ruangan untuk bisnis.

  • Tanggungan lain

Kemampuan keuangan Anda tidak hanya dilihat dari penghasilan bulanan Anda dan pasangan. Tanggungan-tanggungan lain seperti kredit kendaraan yang masih berjalan, biaya sekolah anak, dan biaya kebutuhan hidup sehari-hari juga dipertimbangkan pihak bank pemberi kredit.

Lakukan perhitungan kemampuan keuangan Anda setelah dikurangi dengan semua biaya tersebut. Dengan cara ini, Anda bisa melihat kemampuan keuangan Anda yang sebenarnya.

Untuk amannya sebelum beli rumah, lakukan berbagai pertimbangkan lainnya. Simak di sini untuk pilihan hunian di Depok dengan cicilan ringan mulai harga Rp300 jutaan.

Lanjutkan Membaca ↓