Solusi Tingggal di Rumah Minimalis dengan Dapur Sempit

Oleh Wahyu Ardiyanto pada 07 Jan 2018, 11:09 WIB
20180107-tips menata dapur sempit rumah minimalis

Liputan6.com, Jakarta Yang namanya rumah minimalis biasanya luasnya terbatas dan lebih mengedepankan fungsi. Itu sebab penataan dan pembagian ruangannya didasarkan pada kebutuhan dan fungsinya. Tak heran kebanyakan dapur di rumah minimalis terasa sempit.

Temukan pilihan rumah berdesain minimalis dengan desain cantik mulai harga Rp1 miliar di sini!

Meskipun demikian, bukan berarti Anda yang tinggal di rumah minimalis harus mati gaya, pasrah dengan kondisi dapur seadanya. Untuk amannya, sebelum membeli rumah, cek rumahnya dulu di review properti. Dan atas nama kenyamanan dan estetika, simak tips menata dapur sempit di rumah minimalis dari Rumah.com berikut.

  • Gunakan perangkat berukuran kecil

Ganti peralatan dapur yang sudah tua, seperti kompor dan lemari es, dengan ukuran yang lebih kecil namun tanpa harus mengorbankan gaya. Beberapa merek terkenal kini juga telah membuat model untuk ruang berukuran kecil, sehingga sesuai dan memudahkan acara masak-memasak Anda.

  • Gunakan bak cuci piring model tunggal.

Bak cuci piring model tunggal yang sederhana tentunya lebih hemat ruang sehingga membuat ruang dapur yang sempit jadi terasa luas.

Baca juga: Pilihan Rumah Minimalis dengan Harga Ekonomis di Lokasi Strategis

  • Pasang tempat penyimpanan di dinding.

Punya sedikit ruang kosong di dinding? Jangan hanya buat menggantung kalender atau karya seni saja, gunakan dinding tersebut untuk memasang deretan rak mulai dari lantai hingga ke langit-langit. Gantungkan lap di atas tiangnya, gunakan kait model huruf S untuk menggantung alat-alat dapur dan pasang juga rak pisau magnetik.

1 of 2

Menata Dapur Sempit di Rumah Minimalis

  • Buat wadah penyimpanan

Selain menggantung semua peralatan dapur, coba buat wadah penyimpanan untuk menampung peralatan lainnya dalam sebuah tempat. Wadah ini bisa untuk menyimpan wajan, panci, pisau, rempah-rempah, dan tempat sampah.

  • Perangkat minimalis.

Mungkin terdengar sepele, tetapi bagi dapur yang benar-benar sempit, hal-hal yang terlihat dan terasa ramping sangat penting. Selain menggunakan laci dengan pegangan minimalis, pencahayaan yang tepat juga penting bagi dapur yang sempit.

  • Lemari kabinet hingga ke langit-langit.

Kenapa pasang lemari kabinet yang pendek jika memang bisa dipasang setinggi langit-langit? Lemari seperti ini bisa jadi pilihan untuk ruang penyimpanan dan menghemat ruang. Lemari setinggi langit-langit juga dapat membantu visual, memperluas ruang.

Mau nyicil rumah berapa lama? Simak panduannya di sini!

  • Tanpa pintu.

Menyopot pintu dapur juga membuat ruangannya yang kecil jadi jauh terasa lebih luas. Lebih baik lagi juga jika menghilangkan tembok pembatas ruangnya. Membuka dapur juga bukan sekadar gaya tapi juga membuat ruang ekstra sehingga kemungkinan Anda tersenggol saat sedang memasak sangat kecil.

  • Pilah-pilih barang.

Simpan hanya yang terbaik, pisau terbaik, set gelas favorit, teko yang keren, alat-alat dapur yang paling sering digunakan dan sebagainya. Anda harus tegas ketika akan menyortir barang-barang. Pilih peralatan kaca bening dan akrilik untuk barang yang Anda simpan untuk dipajang. Tampilan yang transparan membuat ruangan terasa lebih lega.

Jadi tak perlu ragu lagi untuk membeli rumah minimalis, asal cermat menatanya ruang yang sempit juga bisa terasa lega. Dan untuk pilihan rumah minimalis yang tak perlu bikin kantong meringis, simak pilihannya dengan harga di bawah Rp500 juta.

Lanjutkan Membaca ↓