Kaum Milenial Masih Bisa Punya Rumah Rp300 Juta, Mau?

Oleh Fathia Azkia pada 29 Nov 2017, 12:32 WIB
Pilih Honeymoon Mewah atau Beli Rumah?

Liputan6.com, Jakarta Generasi Y atau lebih dikenal dengan sapaan ‘milenial’ adalah mereka yang lahir antara tahun 1981 hingga pertengahan tahun 1990-an.

Menurut data Biro Pusat Statistik, jumlah penduduk yang berusia di bawah 30 tahun pada tahun 2015 lalu berjumlah 60% dari populasi total jumlah penduduk Indonesia. Namun di usia produktif, jumlah penduduk terbanyak berada pada rentang 25-34 tahun.

“Dalam lima tahun ke depan, generasi milenial Indonesia akan menggerakkan ekonomi dalam negeri. Mereka tinggal di kota-kota besar, berpendidikan tinggi, dan menjadikan smartphonesebagai salah satu pusat aktivitas hidup. Termasuk urusan mencari tempat tinggal,” ujar Ike Hamdan, Head of Marketing Rumah.com.

Tinggal di apartemen di tengah kota lebih baik daripada rumah di pinggir kota. Anda setuju? Suarakan pendapat Anda lewat survei Rumah.com Property Affordability Sentiment Index. Berhadiah total 10 juta untuk 5 pemenang!

Mayoritas generasi milenial tidak menginginkan rumah dengan ukuran yang terlalu besar. Kebanyakan mereka ingin membeli rumah dengan tipe 32 – 42 atau rumah minimalis. Salah satu tipe rumah ideal untuk yang masih single atau baru membangun keluarga kecil.

Berdasarkan listing yang ada di Perumahan Baru Rumah.com, rumah minimalis dengan ukuran kecil seperti di atas masih dipasarkan cukup terjangkau, kisaran Rp300 juta – Rp500 juta. Sehingga dirasa cocok dengan selera sekaligus kantong generasi milenial. Apa saja contoh perumahannya?

1 of 4

Graha Aquila

Untuk kaum milenial yang bekerja di perkotaan yang ramai, tetapi menginginkan hunian yang lebih tenang di pinggir kota, Graha Aquila yang berlokasi di Cidokom, Gunung Sindur, Bogor, dapat menjadi pilihan.

Baca juga: Siapa Bilang #KidsJamanNow Sulit Punya Rumah?

Lokasinya cukup baik, lantaran dekat dengan kota mandiri BSD City. Akses menuju ke jalan tol juga mudah. Penghuni yang menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju kawasan Bintaro dan Jakarta dapat mengakses Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta dan Jalan Tol Jakarta–Tangerang.

Terdapat tiga tipe rumah yang tersedia, yaitu tipe Candra (32/60), tipe Cakra (36/66), dan tipe Kartika (42/78). Masing-masing dijual seharga Rp324 juta, Rp358 juta, dan Rp410 juta.

2 of 4

Bumi Indah City

Berada di kawasan Pasar Kemis, Tangerang, perumahan seluas 180 hektar ini menawarkan rumah minimalis yang relatif terjangkau. Dengan banderol mulai dari Rp360 jutaan, lokasinya mudah dijangkau dari tiga akses tol yaitu Bitung, Cikupa dan Bandara.

Perumahan Bumi Indah City menawarkan enam tipe klaster dengan kisaran harga mulai dari Rp361 juta sampai Rp525 juta.

Untuk tipe paling mungil yaitu Pinus memiliki luas bangunan 36 meter persegi. Meski mungil, rumah ini dilengkapi dua kamar tidur dan pekarangan kecil di belakang rumah.

3 of 4

The Orchard Residence

Sementara jika menginginkan rumah di wilayah Bogor, klaster kelas menengah The Orchard Residence yang menawarkan rumah seharga Rp435 juta untuk tipe 38/72 ini layak dipertimbangkan. Letak persisnya berada di Jalan Parung Pamager Sari, Kampung Tajur, radius 1,6km dengan Pasar Parung.

Perumahan ini memberikan fasilitas dalam komplek yang cukup lengkap yakni club house, arena bermain, jogging track, kolam renang, bike shelter, keamanan 24 jam, lapangan basket 3 on 3, dan area komersil.

Belum puas dengan tiga perumahan pilihan di atas? Simak daftar lebih lengkapnya di Perumahan Baru, dan baca ulasan lengkapnya di Review Properti.

Lanjutkan Membaca ↓