7 Langkah yang Bikin Anda Punya Rumah dalam Setahun!

Oleh Wahyu Ardiyanto pada 13 Nov 2017, 20:09 WIB
20171113-tips beli rumah dalam satu tahun

Liputan6.com, Jakarta Keinginan memiliki rumah di kawasan yang strategis seringkali sulit tercapai karena harga yang mahal. Apalagi untuk pekerja dengan gaji sebatas UMP atau sedikit di atasnya. Penghasilan lebih sering habis untuk biaya hidup yang mahal, seperti uang makan, transportasi, sewa tempat tinggal, dan sebagainya.

(Baca juga: Banyaknya Infrastruktur Baru Bikin Rumah Tapak di Jakarta Timur Makin Diburu)

Cita-cita memiliki rumah sebenarnya dapat diwujudkan dalam waktu singkat meskipun gaji Anda terbatas selama Anda memiliki rencana keuangan yang matang. Ya, simak saja tips hebat yang bisa bikin Anda punya rumah dalam waktu satu tahun dari Rumah.com berikut ini!

1. Tentukan jumlah yang tepat

Hal pertama yang harus Anda lakukan ialah menghitung besaran atau jumlah tabungan yang Anda perlukan untuk membeli rumah. Langkah ini berguna untuk memberikan gambaran kepada Anda mengenai besaran nominal yang harus Anda tabung setiap bulan

Selanjutnya, buat skema rencana anggaran bulanan. Ingat, lakukan perhitungan dengan baik sehingga Anda bisa mendapat jumlah yang tepat. Jangan menentukan nominal yang tak masuk akal dalam rencana keuangan Anda.

Nominal yang terlalu besar dapat menjadi beban bagi Anda dan akan mengganggu pos-pos lainnya.

2. Menabung otomatis

Setelah mengetahui jumlah yang harus ditabung setiap bulan, Anda harus berkomitmen penuh memenuhinya. Menabung secara autodebet yang langsung dipotong dari rekening Anda dapat menjadi solusi.

Banyak bank sudah memiliki fasilitas ini. Anda tinggal memilih menabung untuk jangka waktu satu tahun. Menabung autodebet akan memudahkan Anda dalam memenuhi target tabungan yang diinginkan.

3. Cari pekerjaan tambahan

Butuh pengorbanan untuk mencapai sesuatu yang besar. Tak ada salahnya mengambil pekerjaan sambilan untuk menambah pemasukan Anda. Memang akan melelahkan namun pikirkan hasil yang akan Anda capai kelak.

Penghasilan tambahan nantinya dapat digunakan untuk membantu menopang biaya hidup, atau bahkan justru untuk menambah tabungan Anda.

1 of 2

Tips Punya Rumah dalam Setahun

4. Lunasi utang

Selama proses menabung satu tahun untuk membeli rumah, usahakan Anda tidak sedang memiliki utang. Karena itu, pastikan Anda sudah melunasi semua utang-utang Anda.

Jika memang status utang masih berjalan, Anda dapat membayarnya menggunakan penghasilan tambahan hingga pelunasan sehingga tidak mengganggu alur keuangan utama.

5. Ketatkan pengeluaran

Mulai sekarang, Anda harus lebih bijak dalam mengeluarkan uang. Lakukan pengetatan pengeluaran, misalnya mengurangi berbelanja hal yang bukan prioritas utama, kurangi kebiasaan jajan dan belanja, serta bijak saat belanja bulanan.

Jika selama ini selalu memilih produk dengan merek ternama yang harganya lebih mahal, sekarang cobalah belanja menggunakan merek supermarket yang bisanya jauh lebih murah. Hal ini dapat membantu Anda lebih berhemat.

6. Promo rumah murah

Banyak pengembang berlomba-lomba memberikan penawaran rumah murah untuk konsumen. Meski lokasinya jauh dari kota tapi umumnya sudah memiliki akses jalan dan transportasi yang baik.

Beberapa pengembang di area Bekasi, Depok, Bogor bahkan masih ada yang menawarkan harga Rp 100-200 jutaan. Karena itu, jelilah dalam mencari promo, salah satunya lewat pilihan perumahan baru di Rumah.com.

7. Cari bank penyedia KPR berbunga rendah

Setelah menemukan rumah yang Anda inginkan, Anda tinggal mencari bank yang menyediakan fasilitas KPR dengan bunga ringan atau flat agar sesuai dengan kemampuan Anda.

Ini penting karena angsuran KPR akan dilakukan dalam jangka waktu yang cukup lama, 5-15 tahun. Jika pembayaran cicilan rumah sampai tertunggak, rumah tersebut bisa ditarik dan disita oleh pihak bank.

Ingin punya rumah dengan harga terjangkau? Cek di sini untuk pilihan perumahan dengan harga terjangkau, di bawah Rp300 juta!

Dian Probowati

Lanjutkan Membaca ↓