Tips Bikin Kamar Mandi Selalu Bersih dan Wangi

Oleh Wahyu Ardiyanto pada 13 Nov 2017, 17:09 WIB
20171113-agar-kamar-mandi-wangi

Liputan6.com, Jakarta Kamar mandi merupakan salah satu ruangan yang paling penting bagi sebuah hunian. Bagaimana tidak? Ruangan ini merupakan tempat untuk menjaga kebersihan tubuh dan juga rumah.

(Baca juga: Bukan Hanya Pasangan, 3 Benda di Kamar Mandi Juga Butuh Perhatian)

Bahkan untuk rumah minimalis atau rumah berukuran mungil, kamar mandi bukan hanya digunakan untuk mandi tapi juga mencuci—sehingga kamar mandi wajib bersih agar bebas kuman. Lalu, bagaimana agar kamar mandi selalu bersih dan wangi? Berikut tips dari Rumah.com!

1. Sortir barang di kamar mandi

Biasanya Anda sering malas melakukannya, nih. Barang yang sudah lama di kamar mandi dibiarkan begitu saja. Ingat, setiap toiletries ada kedaluarsanya.

Singkirkan alat mandi yang sudah lama, dan hanya simpan toiletries yang masih digunakan, serta sesuaikan jumlahnya. Misal, jika keluarga ada 3 tiga orang, berarti hanya ada 3 sikat gigi.

2. Bersihkan wadah penyimpan

Ini juga sering dilupakan. Bersihkan tempat sabun, terutama bagian bawah dan dalamnya karena sering sisa sabun menempel di dalamnya. Lalu, bersihkan wadah sikat gigi serta kepala sikat agar tetap higienis.

Sisa sabun yang lembap dan menempel di wadah akan menjadi sarang bakteri, sehingga Anda wajib membersihkannya setiap minggu.

3. Rapikan kabinet

Kabinet atau lemari di bawah wastafel harus Anda cek kondisinya maksimal setiap dua minggu. Pastikan tidak ada rembesan air dari wastafel dan bersihkan lemari dari barang-barang yang umurnya sudah lebih dari setahun.

Masukkan jel silika atau kapur barus ke dalam lemari untuk menghindari lembap dan aroma tak sedap.

1 of 2

Cara Mengusir Bau Tak Sedap di Kamar Mandi

4. Ganti alat pembersih kamar mandi

Sikat, spons, dan alat pembersih lainnya di kamar mandi sebaiknya diganti secara berkala untuk menghindari adanya kuman di sikat tersebut. Sikat yang kotor akan membuat lantai kamar mandi ikut kotor dan berkuman.

Bersihkan lantai dan dinding kamar mandi dengan karbol wangi atau desinfektan setiap minggu.

5. Tempatkan pengharum kamar mandi

Di beberapa sudut kamar mandi, Anda bisa meletakkan kapur barus wangi yang akan mengurangi lembap sekaligus aroma tak sedap. Dekatkan di bawah toilet duduk, serta area yang dekat dengan saluran keluarnya air.

6. Ganti lantai kamar mandi dengan warna cerah

Lantai kamar mandi yang menggunakan keramik berwarna gelap cenderung tak terlihat saat kotor dan membuat kamar mandi menjadi lebih gelap. Sebaiknya gunakan lantai warna cerah agar terlihat jika ada bagian yang kotor.

7. Gunakan cuka untuk menghilangkan bau toilet

Agar tidak ada aroma tak sedap dari kloset, siramkan dua cangkir cuka ke dalam pinggiran toilet lalu sikat. Setelahnya bilas dengan air.

Kamar mandi sangat penting bagi sebuah hunian. Bahkan untuk rumah minimalis, fungsi kamar mandi bukan hanya digunakan untuk mandi tapi juga mencuci. Cek di sini untuk pilihan rumah minimalis mulai harga Rp500 jutaan!

Rina Susanto

Lanjutkan Membaca ↓