Panduan Membersihkan Layar TV dan Gadget yang Benar dan Aman

Oleh Wahyu Ardiyanto pada 13 Nov 2017, 15:09 WIB
20171113-membersihkan-TV-dan-gadget

Liputan6.com, Jakarta Perangkat elektronik yang sering Anda gunakan seperti TV, tablet, laptop atau PC di rumah sangat rentan dihinggapi debu. Bahkan jika dibiarkan, debu yang bersarang ini akan mengundang kuman dan bakteri sehingga saat tersentuh tangan, kumannya bisa berpindah tempat ke tubuh Anda.

(Baca juga: Inspirasi Dekorasi di Area Sekitar TV)

Membersihkan perangkat elektronik juga tidak bisa menggunakan alat pembersih rumahtangga, tapi menggunakan cairan pembersih khusus gadget yang tersedia di toko peralatan rumahtangga. Simak tips mudah dari Rumah.com untuk membersihkannya.

Cara Merawat Layar TV

  • Cabut kabel listrik. Pastikan saat dibersihkan, TV dalam kondisi mati.
  • Untuk bagian yang bukan layar (bagian belakang dan samping TV), Anda bisa mengelapnya dengan kain bersih hingga debunya hilang.
  • Jangan membersihkan bagian layar dengan lap basah, karena berisiko membuat Anda tersengat listrik. Gunakan lap yang sangat halus (biasanya digunakan untuk mengelap kacamata) hingga ke sudutnya.
  • Jangan menambahkan cairan yang digunakan untuk mengelap jendela pada lap karena akan merusak lapisan layarnya. Gunakan cairan pembersih untuk layar TV dan pastikan Anda mengikuti aturan penggunaan produk.
  • Cairan pembersih pun baru digunakan jika memang ada noda yang menempel di layar. Jika layar hanya kotor oleh debu tipis, Anda cukup mengelapnya dengan kain microfiber halus yang kering.
1 of 2

Tips Merawat TV dan Gadget

Membersihkan layar komputer atau laptop

  • Jangan lupa untuk mematikan laptop sebelum dibersihkan. Cabut kabel yang mengaliri listrik, dan jika memungkinkan, copot dahulu baterainya. Jika Anda membersihkan layar yang masih dialiri listrik dengan lap basah, berisiko merusak laptopnya.
  • Jangan menggunakan tisu atau kain biasa, gunakan kain microfiber. Sebab, tisu atau kain biasa berisiko membuat permukaan laptop menjadi lecet, karena layar laptop sangat sensitif.
  • Sebaiknya tidak membersihkan layar dengan cairan pembersih secara langsung. Basahi lap micorfiber sedikit saja, tunggu kering sebentar permukaan kainnya, setelah itu bersihkan layar.
  • Bersihkan sudut laptop, karena bagian ini boleh dibilang yang paling kotor—dan cara mengelapnya adalah dengan membasuhnya ke arah luar.

Membersihkan layar tablet dan ponsel

  • Layar tablet dan ponsel didesain lebih tahan tekanan dibandingkan layar laptop, sehingga Anda bisa menekan dengan lembut saat membersihkannya.
  • Jangan langsung menyemprotkan cairan pembersih pada layar ponsel atau tablet. Semprotkan sedikit pada lap microfiber lalu gosokkan pada layar ponsel.
  • Gunakan cotton bud untuk membersihkan kamera, lubang konektor kabel, dan pengeras suara. Bagian ini selalu dihinggapi debu.

Untuk menghindari kuman dan bakteri, bukan hanya kebersihan gadget saja yang harus diperhatikan, tapi juga kebersihan seluruh ruangan dalam hunian. Cek di sini untuk pilihan hunian dengan lingkungan yang bersih mulai harga Rp300 jutaan!

Rina Susanto

Lanjutkan Membaca ↓