Bisa! Punya Rumah Sendiri Usai Menikah

Oleh Fathia Azkia pada 10 Nov 2017, 10:00 WIB
[Bintang] [POLL] Pernikahan Kahiyang Ayu, Mewah atau Sederhana?

Liputan6.com, Jakarta Menempati rumah baru usai menikah tentu menjadi harapan setiap pengantin baru. Sayangnya, belakangan ini semakin banyak pengantin baru yang terpaksa harus tinggal di rumah kontrakan sebelum pindah ke rumah pertamanya.

Alasannya beragam, mulai dari dana besar yang teralihkan semuanya untuk resepsi, keinginan membeli kendaraan pribadi, atau gaya hidup yang lebih besar dari penghasilan.

Simak juga: Ongkos Gaya Hidup Sandra Dewi Bisa Beli Rumah-Rumah Ini

Sebenarnya tinggal di hunian sewa tak mengapa asalkan Anda dan pasangan punya target yang jelas kapan akan membeli rumah. Dengan tekad yang kuat, tidak ada impian yang tak mungkin tercapai. Ada lima resep sederhana pengantin baru supaya bisa beli rumah baru ala Rumah.com.

1. Tulis dan pajang target membeli rumah

Diskusikan rencana keuangan jangka panjang dengan suami atau istri tercinta mulai dari sekarang. Misalnya, kapan ingin membeli rumah atau mengajukan KPR? Berapa harga rumah yang jumlah cicilannya sesuai dengan kemampuan penghasilan gabungan?

Termasuk juga dimana lokasi hunian yang diinginkan. Catat dengan jelas kemudian tempelkan di dinding atau pintu kulkas supaya bisa memotivasi.

1 of 3

2. Merancang anggaran

Setelah mengetahui target tabungan setiap bulan, saatnya merancang anggaran rumah tangga sebijak mungkin. Untuk sementara waktu, kurangi pengeluaran yang tidak perlu seperti berlangganan televisi kabel, musik online, dan keanggotaan pusat kebugaran.

Pengeluaran seperti makan di restoran dan menonton film bioskop juga harus mulai dikurangi. Di sisi lain, sisihkan uang untuk pengeluaran tak terduga seperti perawatan kendaraan pribadi atau pemeriksaan kesehatan.

Baca juga: Syarat Ideal Rumah Pertama Pasangan Baru Menikah

3. Lacak pengeluaran

Supaya tetap disiplin, Anda dan pasangan harus melacak segala bentuk pengeluaran yang dilakukan setiap harinya.

Gunakan aplikasi atau software di smartphone untuk membantu mencatat segala pengeluaran dengan mudah. Aplikasi keuangan juga bisa mengingatkan Anda untuk membayar tagihan tepat waktu.

2 of 3

4. Jauhi hutang

Tips selanjutnya adalah hindari kebiasaan berutang. Sebab berutang mendekatkan Anda pada resiko keuangan yang buruk dan kredit macet.

Jadi menjauhlah dari tenaga penjualan yang menawarkan aplikasi kartu kredit atau kredit kendaraan dengan beragam promosinya. Fokus pada tujuan Anda yaitu cepat memiliki rumah.

Jika bujet rumah yang diincar ada di kisaran Rp500 jutaan, maka ada banyak pilihan perumahan yang tersedia. Berikut ini rekomendasi perumahan dari Rumah.com:

  • Trevista Ciputat, Jalan RE Martadinata, Ciputat, Tangerang Selatan. Rp500 juta (39 m2)
  • Jayana Valley, Jalan Kampung Cilangkap No.2 Tapos, Depok. Rp398 juta (39 m2)
  • Gracia Ayu, Jalan Kampung Rawa Kalong No.7 Karangsatria, Tambun Utara Bekasi. Rp488 juta (36 m2)
  • Grahayana, Jalan Bharata Teluk Jambe Timur, Karawang. Rp500 juta (59 m2)
  • Bumi Panyawangan, Jalan Raya Percobaan Cileunyi, Bandung. Rp530 juta (50 m2)
  • Casa Royal, Jalan Baturraden Barat, Purwokerto. Rp539 juta (60 m2)
  • Greenland at Tidar, Jalan Puncak Mandala No.44 F, Sukun, Malang. Rp502 juta (75 m2)
  • Perumahan Bumi Papan Selaras, Jalan Raya Tanggul KM.3, Sidoarjo. Rp502 juta (60 m2)

Masih kurang puas dengan pilihan perumahan di atas? Anda bisa mencari rumah dua kamar tidur dengan harga Rp500 Jutaan. Tertarik? Lihat pilihannya di sini!

Sumber foto: Instagram

Isnaini Khoirunisa

Lanjutkan Membaca ↓