Panduan Mendesain Dapur Minimalis

Oleh Fathia Azkia pada 09 Okt 2017, 14:45 WIB
dapur minimalis

Liputan6.com, Jakarta Mendesain dapur dengan gaya minimalis bisa memberi kesan segar dan lega pada ruangan. Akan tetapi untuk menghadirkan gaya ini, bukan berarti Anda harus mengecat ruangan serba putih atau mengurangi benda di dalamnya.

Sejatinya, konsep minimalis hanya menekankan pada ‘bersih dan rapi’ namun tetap fungsional. Tertarik menata dapur dengan gaya minimalis? Simak tips mudah dari Rumah.com berikut ini.

Sembunyikan benda-benda

Tidak ada salahnya memiliki rak terbuka, namun ketika ingin menata gelas dan mangkuk akan lebih baik disembunyikan dalam rak yang dilengkapi pintu penutup. Tujuannya, supaya dapur terlihat lebih ringkas dan rapi.

Jika kabinet kitchen set tidak cukup untuk menyimpan semua benda dapur, Anda bisa memilih kabinet yang ada di ruangan lain.

Baca juga: Contek Dekorasi Rumah Minimalis Tipe 36 Ala Instagramers

Tampilkan koleksi favorit

Dapur Anda pasti diisi oleh banyak peralatan memasak seperti wajan, dandang, panci, teko dan lain sebagainya. Semua peralatan tersebut tentunya tidak setiap hari digunakan.

Anda bisa menyortir dan tampilkan di lokasi yang mudah dijangkau. Lakukan hal yang sama untuk peralatan makan seperti set cangkir dan piring.

 

 

1 of 3

Pilih lampu putih cerah

Pilih lampu putih cerah

Untuk dapur, pemilihan lampu berwarna kuning hangat kurang cocok menghadirkan kesan minimalis. Ini akan menyulitkan Anda melihat ketika sedang mengiris bawang tipis-tipis.

Sebaliknya, maksimalkan pencahayaan dengan lampu berwarna putih dan tambahkan cahaya alami dari jendela atau ventilasi.

Lihat juga: Pilihan Rumah Minimalis Murah dengan Dua Kamar Tidur

Serba monokrom

Anda mungkin tergoda memilih warna cerah untuk menghias dapur. Sayang, warna cerah justru akan merepotkan karena Anda harus apik memadukannya dengan keramik, kitchen set dan countertop.

Oleh karenanya, pilih saja warna monokrom seperti hitam, putih atau abu-abu. Kesan mewah dan klasik yang dihasilkan juga bisa menambah harga jual rumah Anda.

2 of 3

Solusi penyimpanan

Solusi penyimpanan

Jika Anda kesulitan mencari bumbu atau bahan masakan di dapur yang sempit, maka sudah saatnya menata semua benda di tempat yang tepat!

Buat sistem penyimpanan yang rapi dengan meletakkan semuanya di kontainer bening atau ditempeli label nama. Dengan begitu Anda bisa menemukan semua hal yang dibutuhkan dengan cepat dan mudah.

Layout open plan

Dapur yang berada di ruangan terpisah biasanya terkesan gelap dan sempit. Jika memungkinkan, hilangkan sekat dinding antara dapur dan ruang di sebelahnya (misalnya ruang makan atau ruang keluarga).

Denah open plan bisa membuat dapur menjadi lebih luas dan terbuka. Sesuai dengan kesan minimalis yang hendak ditampilkan.

Lanjutkan Membaca ↓